Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

12 Tips Cara Merawat Flashdisk Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

12 Tips Cara Merawat Flashdisk Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Data yang ada di flashdisk bisa jadi harta yang berharga bagi anda, karena terdapat file – file yang sangat penting, mulai dari foto, gambar, word, excel, power point, music, video, dll. Memang sekarang flashdisk harganya murah, tapi sebandingkah harganya dengan data yang ada di dalamnya?

Betapa penting sekali flashdisk anda, seharusnya anda sangat perduli terhadap keamanan dari berbagai ancaman fisik maupun dari ancaman virus. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas 12 Tips Cara Merawat Flashdisk Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak.

15 Tips Cara Merawat Flashdisk

1. Selalu Eject (keluarkan) sebelum mencabutnya
Mungkin karena terburu – buru atau malas meng eject anda langsung mencabut flashdisknya, ini sangat berbahaya, karena dapat membuat anda kehilangana data atau data anda dalam flashdisk bisa rusak.

2. Jangan menjalankan file dari flashdisk langsung
Jika anda ingin membuka file yang ada di dalam flashdisk, sebaiknya copy dulu file yang ingin anda jalankan di ke hardisk computer atau laptop anda, dan menjlankanya lewat hardisk laptop atau komuter anda.

3. Jauhkan dari Barang Elektronik lainya
Dengan menjauhkan flashdisk dari barang elektronik lain maka akan menghindari dari adanaya radiasi ke flashdisk.

4. Selalu Tutup Flashdisk Jika Tidak Digunakan
Jadi jika flashdisk anda tidak di tutup maka kesempatan debu untuk masuk dan dapat merusak socketnya, itu dapat menyebabkan proses baca / tulis flashdisk gagal. Jadi jangan sampai tutup flashdisk anda hilang ya.

5. Rajinlah Scan Virus di Flashdik anda
Virus memang tidak tampak secara fisik, namun keberadaanya patutdi waspdai, terutama pada penyimpanan file seperti flashdisk. Mungkin anda pernah mengcopy file dari computer warnet, teman, intinya pernah terpasang pada computer atau laptop lain, sebaiknya agan scan dahulu flashdisk anda untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti terkena virus.

6. Hindari Flashdisk dari Terkena Air
Ingat, kebanyakan orang menaruh flashdisk di dalam saku maka dari itu ketika anda hendak mencuci pakain lebih baik cek dahulu saku anda, itu dilakukan agar flashdisk anda aman dari terkena air.

7. Jauhkan Flashdisk dari Tempat Panas
Untuk menjaga kesehatan flashdisk kamu maka janagan menaruh flashdisk kamu di tempat yang suhunya terlalu panas, hindari memasang flashdisk pada computer terlalu lama.

8. Jangan Sampai Flashdisk kena Benturan Keras
Jangan biasakan melempar flashdisk, flashdisk terjatuh atau semacamnya yang dapat menyebabkan komponen di dalam flashdisk rusak, maka proses baca tulis akan rusak juga.

9. Jangan terlalu sering menghapus, menulis file di flashdisk
Flashdik juga memliki batas menghapus, menulis file, flashdisk dapat melakukan proses 10.000 sampai 100.000 kali tergantung merk flashdisk kamu.

10. Jangan Selalu memformat flashdisk
Jika anda terlalu sering memformat flashdisk maka flashdisk anda akan mengalami berbagai eror, seperti data yang corrupt, proses tulis yang gagal, dan sebagainya.

11. Rutinlah membackup flashdisk
Langkah yang penting untuk menghindari hilangnya data pada flashdik yaitu dengan membackup data dari flashdisk ke computer atau laptop anda, ini dilakukan untuk mengatasi jika tiba-tiba flashdisk rusak,hilang, dan error.

12. Jauhkan Flashdisk dari Medan Magnet
Berbagai alat elektronik lainya jika berdekatan dengan medan magnet yang kuat, maka akan mengakibatkan komponen – komponen penyusunya terpengaruh radiasi.

Sekian artikel tentang 12 tips cara merawat flashdisk agar awet dan tidak mudah rusak, jaga flashdisk anda dengan baik karena data yang di dalamnya sangat berharga, jangan sampai menyesal dikemudian hari, Semoga bermanfaat



Komputer Laptop
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar