Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Memperbaiki Hardisk Laptop atau Komputer

Cara Memperbaiki Hardisk Laptop atau Komputer 

Apabila hardisk sobat bermasalah, sobat harus tau bagaimana cara penangananya dan cara memperbaiki hardisk tersebut. Dari pengalaman saya yang pernah saya hadapi untuk mengatasi hardisk yang mengalami kerusakan, tidak berfungsi dengan baik, mungkin tips ini sedikit bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari solusi untuk mengatasi hardisk yang mengalami kerusakan.


Ciri - ciri Hardisk Rusak

Sebelum memperbaiki hardisk yang rusak, kenali dahulu gejala-gejala yang di timbulkan akibat hardisk rusak. Nah apa saja gejala-gejalanya, simak berikut ini :
  • Laptop atau Komputer sering hang
  • Laptop atau komputer terasa lemot saat di gunakan
  • Muncul Blue screen (BSOD) krtika laptop atau komputer saat di gunakan atau saat di nyalakan
  • Terjadinya crash pada system operasi
  • Ketika saat di nyalakan muncul pesan "Hard Disk S.M.A.R.T. status bad, backup and replace", ketika komputer atau laptop di nyalakan
  • Muncul pesan CHKDSK  secara otomatis saat komputer atau laptop di nyalakan
  • Hardisk tidak terdeteksi di Bios
Nah, itu adalah tanda - tanda hardisk yang mengalami kerusakan yang pernah saya alami, tapi mungkin masih banyak lagi yang di sebabkan hardisk tidak berfungsi dengan normal.

Cara Memperbaiki Hardisk

Mengatasi hardisk yang bad sector sebenarnya susah-susah gampang, karena kadang - kadang masalah yang di alami berbeda kasusnya, dan kasus bad sector terbagi menjadi dua bagian yaitu bad sector fisik dan bad sector logic.

Tanda - tanda Hardisk Bad Sector

Dari tanda - tanda di atas  hardisk yang mengalami bad sector di atas adalah nomor 1,2,3,4,5,6.
Bad sector fisik yaitu kerusakan hardisk yang fatal, karena piringan yang ada di dalam hardisk mengalami kerusakan atau cacat. Jadi untuk solusi yang ini lebih baik sobat beli hardisk yang baru.
Bad sector logic yaitu hal ini bisa di perbaiki dengan software tertentu, karena kerusakan bisa di akibatkan dari virus, eror system karena pemakaian.
Setelah sobat tau kedua jenis hardisk yang bad sector, sekarang saya beri contoh langkah sobat untuk mengatasi hardisk yang rusak karena bad sector.

Langkah - langkah Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Kerusakan ini yang sering terjadi, karena piringan penyimpanan dalam hardisk sanagat rentan mengalami kerusakan apalagi kalau kurang peawatan. Untuk mengetahui apakah hardisk sobat bad sector logic atau fisik, sobat bisa mengatasi bad sector logic terlebih dahulu menggunakan Hdd Regenerator, bisa sobat download dan mengetahui cara penggunaanya di sini 
Begitu kira-kira cara mengatasi hardisk yang rusak karena bad sector logic.

Tanda - tanda Hardisk Rusak Parah

Dari beberapa ciri-ciri hardisk rusak yang sudah tidak bisa di tolong yaitu ciri-ciri nomor 5 dan 7. Karena menurut pengalaman saya ketika mengalami masalah seperti itu tidak lama lagi, hardisk sobat tidak akan bisa di gunakan, maka sebaiknya secepatnya backup data sobat sebelum kehilanagn data yang bisa membuat sobat kebingungan....hehehe

Hardisk Tidak Terbaca di Bios

Apabila sobat mengalami hardisk yang tidak terbaca di bios, cara mengatasinya ada beberapa hal, cek socket Sata atau Ata masih bagus atau sudah aus, cek socket power suply nya, cek kabel sata atau ata sudah benar pemasanganya atau kabelnya sudah mati. 

Sekian tips di atas tentang cara memperbaiki hardisk, intinya jika kerusakan hardisk masih bersifat logic masih bisa di perbaiki, untuk kerusakan fisik mungkin hanya orang-orang tertentu yang bisa memperbaikinya.
 








Komputer Laptop
Gabung dalam percakapan (1)
1 komentar
  1. Umbra
    15 Maret 2022 pukul 18.41
    Profil
    Umbra
    Umbra
    Berkata: Wah terima kasih atas informasinya ya kak!

    kami juga punya artikel sejenis untuk sharing informasi,,

    https://bangamingadget.com/ciri-ciri-hardisk-rusak/

    yuk sharing ilmuu

    Terima Kasih..
    Wah terima kasih atas informasinya ya kak!

    kami juga punya artikel sejenis untuk sharing informasi,,

    https://bangamingadget.com/ciri-ciri-hardisk-rusak/

    yuk sharing ilmuu

    Terima Kasih..