Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Merawat Hardisk Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Hardisk Agar Awet dan Tahan Lama

Pada artikel kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara merawat Hardisk agar awet dan tahan lama. Jika kamu belum tau maka alangkah baiknya ikuti artikel ini untuk mencegah kerusakan hardisk lebih cepat, karena jarang orang yang bisa memperbaiki hardisk, akibat kerusakan hardisk fatal adalah anda bisa kehilangan data penting yang ada pada dalam Hardisk tersebut. Sobat, sekarang iktui langkah-langkah pencegahan kerusakan hardsik biar awet dan mampu bertahan lama.

1. Jangan Mematikan Secara Paksa

Mendengar kata itu sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena setiap selesai menggunakan komputer atau laptop tentunya sobat akan mematikanya. Nah mematikan komputer harus sesuai prosedur yang benar yaitu melalui menu SHUTDOWN pada windows, sobat tidak boleh sembarangan mematikan komputer atau laptop, karena jika di matikan paksa tidak sesuai dengan prosedur hardisk akan tiba-tiba berhenti mendadak yang mengakibatkan hardisk cepat rusak, maka dari itu matikanlah komputer sesuai prosedur dengan benar.

2. Jaga Hardisk dari Guncangan

Hardisk merupakan komponen hardware yang di dalamnya terdapat lapisan piringan cakram magnetik yang dapat nerputar sangat cepat sekali, maka dari itu jangan menenteng-nenteng laptop dalam keadaan hidup karena sangat riskan sekali terhadap guncangan. Oleh karena itu hati - hatilah saat membawa laptop, jangan sampai laptop terbentur benda lain, dan terjatuh.

3. Defrag Hardisk Secara Rutin

Seiring dengan penggunaan, data-data di dalam hardisk akan mengalami fragmentasi dan membuat performa hardisk menurun. Untuk menghilangkan fragmen maka di perlukan melakukan defrag. Kamu bisa melakukan defrag ketika fragmentasi sudah di atas 10%. Tapi sobat usahakan jangan sering melakukan defrag karena hal ini juga bisa mengakibatkan performa hardisk menurun.

4. Jangan Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan pada Hardisk

Untuk laptop atau komputer dengan sepesifikasi masih low, jika sobat membuka aplikasi banyak maka akan menyebabkan hardisk cepat panas dan tentunya akan memperpendek umur hardisk.

5. Backup Hardisk Secara Berkala

Melakukan backup secara berkala merupakan salah satu cara merawat hardisk, karena data-data yang di dalamnya merupakan data sobat yang mungkin sangat penting, oleh karena itu maka lakukanlah backup data secara berkala untuk menghindari kerusakan hardisk secara tiba-tiba yang mengakibatkan terjadinya kehilangan data.
Sekian artikel kali ini tentang cara merawat hardisk agar awet dan tahan lama

Komputer Laptop
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar