Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Jenis - jenis Virus Komputer yang Harus Diwaspadai

Jenis - jenis Virus Komputer yang Harus Diwaspadai

Bagi sobat pengguna komputer tentunya tidak asing lagi yang namanya Virus. Seperti pada manusia virus komputer juga dapat menular, Virus dapat merusak sistem operasi, software, bahkan data penting anda, berbahaya kan. Tapi janagan khawatir, semakin berkembangnya zaman, teknologi pencegah virus pun semakin canggih, itulah kenapa sekarang jarang terjadi serangan virus yang menggemparkan.



Macam - macam Virus Komputer

1. Virus Worm
Virus ini menginfeksi komputer dan terhubung dengan jaringan internet, virus ini dapat menggandakan diri, membuat file acak yang dapat membuat memori penyimpanan cepat penuh sehingga membuat sistem komputer rapuh.

2. Virus Trojan
Virus trojan memiliki kemampuan memperoleh informasi seperti pasword, kebiasaan pengguna yang tercatat dalam sistem log, data, bahkan dapat mengendalikan target. Virus ini biasanya muncul melalui email dari jaringan internet yang diterima.

3. Multipartite Virus
Virus ini menginfeksi sistem operasi, progam tertentu apabila tidak segera ditangani bisa membahayakan ram, hardisk.

4. Web Scrpting Virus
Sebenarnya, Web Scrpting Virus adalah sebuah kode-kode program yang digunakan untuk emngoperasikan konten website dan bukan termasuk virus. Namun, karena mengganggu maka di kategorikan ke dalam virus.

5. Fat Virus
Virus yang tersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi dan mampu merusak file. Virus ini bisa menyembunyikan file sehingga dapat terlihat bahwa file hilang atau terhapus.
6.  Memory Resident Virus
Virus ini menginfeksi pada RAM dan program - program komputer sehingga membuat kinerja laptop melambat. Virus ini aktif ketika komputer dinyalakan dan bisa mengakibatkan program berjalan tidak normal.
7.  Companion Virus
Virus ini mengganggu data pribadi milik kamu dan bersembunyi di dalam hard disk. Sehingga Sangat sulit untuk mendeteksinya karena vorus ini merusak format data palsu.
8.  Virus Backdoor
Virus ini sangat mirip dengan virus trojan, tapi bentuknya serupa dengan file biasa seperti game. Nama backdoor merujuk pada mekanisme virus bisa yang mengakses sistem, jaringan, atau aplikasi.
9.  Directory Virus
Virus ini membuat komputer dapat melambat dan tidak bisa membuka program. Virus ini juga menginfeksi file berekstensi .exe sehingga file bisa eror atau hilang tanpa alasan. Ketika file .exe ini bekerja, virus itu akan aktif dan menginfeksi pada file lainnya.
10.  Macro Virus
Jenis virus dengan bahasa pemograman suatu aplikasi sistem operasi. Virus ini biasanya datang dari email dan menyerang jenis file .pps, .xls, atau file lainnya. Untuk itu, hindari mengeklik asal-asalan pesan yang tak jelas darimana sumbernya.
Pada Sekitar tahun 2000-an, banyak sekali serangan virus yang sangat merugikan. Beberapa di antaranya disebut sebagai virus paling berbahaya.

Virus Komputer Sangat Berbahaya Pada Tahun 2000-an

1. Melissa
Melissa virus populer di Amerika Serikat tahun 1999. Penyebaran virus ini melalui file Word. Apabila file tersebut dibuka, maka akibatnya file tersebut akan diteruskan ke 50 kontak email orang lain. Kerugian dari efek Melissa diperkirakan US$1.2 miliar. Pencipta virus itu berhasil tertangkap dan dipenjarakan.
2. ILOVEYOU
Virus ini menyebar ke 45 juta orang di tahun 2000 dan merusak komputer. ILOVEYOU bisa menghapus data -data foto, audio, dan file lainnya. Akibat Virus ILOVEYOU Kerugian diperkirakan mencapai US$15 miliar. Subjek ILOVEYOU sangat membuat penasaran, kan? Itulah cara pencipta menarik penerima email untuk mengeklik.
3.  Anna Kournikova
Virus worm ini menyebar dari email ke email. Ketika email tersebut diklik, virus langsung menyebar ke semua kontak di akun email anda. Pencipta virus menggunakan foto atlet Anna Kornikova untuk memancing penerima email agar mengeklik. Tahun 2001, virus ini menguasai seluruh dunia dan menginfeksi komputer - komputer di dunia ini. Kerugian yang diakibatkan oleh virus mencapai US$166 ribu. Pencipta virus menyerahkan diri dan dihukum.
4. SQL Slammer / Sapphire
Virus menyebar di Amerika Serikat sekitar tahun 2003 dan membuat banyak kerusakan seperti mengacaukan jadwal maskapai penerbangan karena online ticketing rusak, memberhentikan server ATM, membuat telepon 911 macet, dan memblokir 27 juta orang dari internet.
5. Sobig
Virus yang menyebar tahun 2003 ini dijuluki virus yang pertumbuhannya paling cepat. Kerugian diperkirakan mencapai US$ 37.1 miliar dan menghentikan sejumla maskapai Amerika Serikat dan perusahaan besar di sana.
Untuk mencegah serangan virus, pasang antivirus pada laptop atau komputer Anda. Scan komputer dan laptop secara berkala. Dan tips yang harus Anda ingat adalah tidak membuka atau mengeklik link sembarangan jika sumbernya tak jelas.
Jika komputer atau laptop sudah terkena virus, segera bersihkan perangkat Anda. Jika Anda membutuhkan jasa service laptop  untuk membersihkan virus, Anda bisa menghubungi wali comp











Komputer Laptop
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar