Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

16 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

 

 16 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Jika anda mendengar kata daun sirih, tentu saja muncul di benak anda adalah daun yang sering dikunyah oleh orang tua. Lalu, apakah benar bahwa daun sirih hijau dan daun sirih merah berguna untuk kesehatan gigi? Apa manfaat daun sirih lainnya untuk kesehatan yang mungkin tidak anda ketahui?

Sirih merupakan tanaman obat yang terkenal mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Sirih memiliki nama Latin Pipper Batle L. Daun sirih berbentuk seperti hati dengan aroma yang khas. Tanaman ini tumbuh banyak di daerah tropis seperti Asia sampai Afrika Timur.

Daun sirih sangat mudah untuk kita dapatkan. Meskipun sebagian besar daun sirih berwarna hijau, ada juga daun sirih yang berwarna kemerahan, kekuningan atau bahkan abu-abu. Kemanjuran daun sirih untuk kesehatan dapat diperoleh dengan berbagai cara.

Kita dapat mengolah daun sirih menjadi obat, misalkan saja dengan cara menggulung daun untuk pengobatan perdarahan hidung atau mimisan, merebusnya untuk menghasilkan rebusan daun sirih, atau menggunakannya dalam bentuk minyak esensial.

Manfaat Daun Sirih

Manfaat yang ada pada daun sirih juga sangat besar. Dalam isi daun sirih berisi serangkaian bahan aktif yang konsentrasinya tergantung pada jenis tanaman, musim dan iklim pada waktu itu. Tetapi dengan jelas, daun sirih juga dapat berfungsi sebagai zat antiseptik. Simak beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan kita di bawah ini:

1. Mengatasi Diare

Mengatasi diare adalah manfaat pertama dari daun sirih. Banyak mikroba dapat ditolak oleh kandungan sterol pada daun sirih. Mikroba adalah E. coli yang sering mengarah pada diare

2. Untuk Kesehatan Jantung

Model bentuk daun sirih yang mirip dengan hati menggambarkan keunggulan daun sirih sebagai tanaman herbal yang mampu menjaga kesehatan hati dan jantung. Sebuah penelitian mengatakan daun sirih memang dapat memperkuat organ-organ vital sambil mencegah tekanan darah tinggi dan ketidakteraturan irama jantung.

3. Menyembuhkan Luka Lambung

Daun sirih ketika air diguyur panas telah terbukti memiliki lendir yang hilang untuk melapisi perut. Ini memiliki keunggulan dari daun betel atau daun sirih rebusan sebagai perlindungan dari dinding perut sehingga tidak mudah terluka ketika anda menghadapi peningkatan asam lambung dan hal-hal lainnya.

4. Mencegah Karies Gigi

Hipotesis yang berpendapat mengunyah daun sirih dapat memberi perlindungan pada gigi tampaknya terbukti secara ilmiah. Mengunyah daun sirih atau daun betel fungsinya sebagai inhibitor pertumbuhan bakteri yang menyebabkan tumpukan plak yang akhirnya menjadi karies gigi.

5. Memelihara Alat Reproduksi

Manfaat daun sirih untuk wanita mempertahankan kesehatan alat reproduksi wanita. Kandungan daun sirih yang diperoleh melalui air rebus juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

Selain minum, manfaat daun sirih untuk feminitas juga dapat digunakan untuk mengurangi keputihan. Caranya, gunakan air untuk memasak daun sirih untuk membilas alat kelamin anda.

Tetapi anda harus ingat, anda tidak perlu sabun alat kewanitaan karena vagina telah dapat membersihkan bagiannya sendiri. Pada dasarnya, anda hanya membutuhkannya untuk perawatan.

6. Mampu Mengatasi Diabetes

Manfaat daun sirih yang selanjutnya yaitu untuk mengurangi kadar gula dalam darah pada pasien diabetes tipe 2.  Dalam sebuah penelitian, para peneliti menggunakan bubuk daun sirih yang diberikan kepada peserta.

Dan setelah diadakan penelitian tersebut, gula darah berangsur turun tanpa efek samping. Tidak hanya dalam bentuk bubuk, minum rebusan daun sirih akan memberikan manfaat yang serupa dengan bubuk daun sirih.

7. Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa salah satu manfaat daun sirih dapat mengurangi kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida. Selain itu, daun sirih juga diyakini menambah kolesterol yang baik (HDL).

Ini disebabkan oleh isi Eugenol yang dimiliki oleh daun sirih. Eugenol adalah antioksidan yang alami, yang mana dapat menetralkan berbagai radikal bebas. Jadi, kolesterol yang menyebabkan berbagai jenis penyakit jantung bisa berangsur turun.

8. Membantu Proses Penyembuhan Luka Bakar

Rupanya, manfaat daun sirih juga dianggap dapat membantu proses penyembuhan luka bakar. Karena antioksidan yang terkandung di dalam daun sirih bisa menurunkan tingkat stress oksidasi, yakni stress yang mampu memperlambat pemulihan luka bakar.

9. Mengurangi Peradangan

Kemanjuran daun sirih terbukti menangani peradangan pada tubuh. Sebab, daun sirih mengandung chavicol yang berfungsi untuk mengatasi peradangan. Beberapa penyakit inflamasi yang mengandalkan Chavicol adalah radang sendi dan oritis.

10. Menghambat Pendarahan

Rupanya, daun sirih memiliki sifat styptic atau yang sering disebut sebagai ramuan yang dapat mengurangi perdarahan. Dikutip oleh penelitian dari Bali Medical Journal, daun sirih mengandung tanin yang dapat mempersempit pembuluh darah dan jaringan tubuh yang sempit. Penelitian ini diuji pada gusi berdarah setelah menghilangkan gigi.

11. Mengobati Batuk

Siapa yang akan berpikir, kemanjuran daun sirih mampu mengobati batuk? Sirih sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama sirih merah yang kaya dengan vitamin B, vitamin C dan beberapa kandungan baik lainnya yang dapat meringankan gejala batuk.

12. Mengurangi Risiko Asam Urat

Penelitian tentang Jurnal Fisika: Seri Konferensi menyatakan bahwa ekstrak daun sirih dapat mengurangi kadar asam urat. Namun, penelitian ini masih dilakukan pada tikus. Jadi, kemanjuran daun sirih untuk asam urat masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

13. Atasi Peradangan Prostat

Fungsi daun sirih merah terbukti memiliki potensi untuk mengobati masalah peradangan prostat. Kandungan yang berfungsi untuk mengobati kondisi ini termasuk antioksidan dalam bentuk tanin dan saponin dan hidroksichavicol.

14. Mengatasi Mulut Bau

Ternyata menghilangkan bau mulut dengan daun sirih terbukti manjur. Ini terbukti dalam penelitian tentang masalah Journal of Ethnopharmacology. Riset menemukan bahwa isi allylpyrocatechol di daun sirih mampu memberikan manfaat dalam bentuk pengurangan metilmerkaptan dan senyawa hidrogen sulfida.

15. Mengatasi Sembelit

Daun sirih kaya akan antioksidan yang dapat membersihkan radikal bebas dari tubuh. Leaf sirih juga membantu memulihkan pH normal ke saluran pencernaan. Untuk mengatasi sembelit, hancurkan daun sirih dan berendam ke segelas air semalaman. Minumlah air di pagi hari untuk membantu gerakan usus.

16. Mengurangi Masalah Saluran Nafas

Daun sirih juga berfungsi untuk mengurangi masalah saluran pernapasan diyakini meredakan batuk dan pilek. Daun sirih memiliki efek antibakteri karena mengandung polifenol, salah satunya adalah Covichol.

Untuk membuat ramuan batuk dan juga pilek, anda dapat mencobanya dengan merebus daun sirih bersama dengan kapulaga, kayu manis dan juga cengkeh, minum airnya 2x sehari.

Itulah beberapa penjelasan tentang manfaat daun sirih yang dapat anda lihat. Seperti yang sudah umum, daun sirih tidak hanya dikonsumsi dengan cara dikunyah saja, tetapi anda juga bisa merebusnya untuk mengambil khasiatnya. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat bermanfaat bagi anda. Semoga lekas sembuh.

16 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan News
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar