Breaking News

Ketahui 7 Cara Mempercepat Booting Windows 10 Dengan Mudah!nt

Melakukan booting pada PC ataupun laptop adalah hal yang biasa dilakukan pengguna. Proses booting sendiri pada umumnya memakan waktu 10-30 detik bahkan bisa lebih lama. Ada cara mempercepat booting Windows 10 yang dapat dilakukan.

Booting terjadi pada saat perangkat dihidupkan kembali. Proses ini bertujuan agar kinerja perangkat menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Sayangnya ada beberapa faktor yang menyebabkan proses ini menjadi lambat terutama pada Windows 10. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat booting:

1. Nonaktifkan Efek Spesial

Kelebihan dari Windows 10 adalah banyaknya efek spesial pada interfacenya. Adanya efek ini membuat tampilan menjadi lebih menarik namun juga dapat membuat booting menjadi sangat lama. Untuk itu perlu menonaktifkan efek spesial tersebut.

Cara untuk menonaktifkannya pengguna dapat mencari View Advanced Systems Setting pada kolom pencarian di taskbar. Setelahnya akan muncul beberapa opsi lalu pilih Advanced dan Performance. Lanjut pilih Settings dan klik Visual Effects. Jika sudah, ganti menjadi Adjust For Best Performance.

2. Matikan Seluruh Program

Tak jarang masih ada program yang masih berjalan saat proses booting berlangsung. Pastikan sebelum melakukan booting seluruh program sudah dimatikan. Jika hal ini dibiarkan maka akan membuat proses booting menjadi lebih lama dan berat.

Pengguna dapat mematikan program dengan cepat. Cukup dengan mengarahkan kursor ke tombol Start, klik kanan lalu pilih Task Manager. Akan muncul semua program yang sedang berjalan. Pilih program, klik kanan dan pilih End Task. Lakukan berulang untuk program lainnya.

3. Hilangkan Elemen Transparan

Elemen transparan adalah salah satu efek yang terdapat pada Windows 10. Dengan menerapkan efek ini ternyata juga dapat memperlambat booting pada perangkat. Oleh sebab itu, pengguna perlu menghilangkan efek ini saat ingin melakukan proses booting.

Efek ini biasa terdapat pada Start Menu. Pengguna dapat masuk ke dalam Setting dan pilih Personalize. Akan muncul pengaturan mengenai Transparency Effects lalu ubah menjadi Off. Dengan begitu, elemen transparan akan hilang.

4. Aktifkan Fast Startup

Cara mempercepat booting Windows 10 lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan Fast Startup. Jika cara sebelumnya hanya mengurangi beban dari perangkat, maka cara ini mengupayakan agar proses booting berjalan dengan cepat. Langkah untuk mengaktifkan Fast Startup pun juga sangat mudah.

Arahkan kursor ke atas indikator baterai, klik kanan dan pilih Power Options. Setelah itu muncul pilihan Choose What The Power Button Does dan klik. Lalu ceklis Turn On Fast Startup dan Save Changes.

5. Atur Waktu Booting

Seperti yang diketahui jika proses booting sangat cepat, namun jika lama maka terjadi kerusakan pada sistem atau perangkat. Apabila hal tersebut tidak ditemukan maka pengguna dapat mengatur waktu booting itu sendiri. Pengguna dapat mengaksesnya dengan Control Panel.

Cari Control Panel lalu pilih dan akan muncul menu System and Security. Lanjutkan dengan memilih System, klik dan pilih Advanced System Settings. Jika sudah, pilih Setting pada kolom Startup dan Recovery dan ceklis Time to Display List of Operating System.

6. Matikan Tips and Trick Suggestion

Fitur lain yang terdapat pada Windows 10 adalah memberikan notifikasi pada perangkat. Secara kegunaan fitur ini memang sangat berguna tetapi tidak untuk proses booting. Dengan mengaktifkan fitur ini akan memperlambat proses booting. Pengguna harus mematikan notifikasi tersebut.

Dengan menekan Windows + I maka Windows Settings akan terbuka. Pilih menu System dan klik menu Notification & Actions. Lalu matikan Get Tips, Trick, and Suggestions AS You Use Windows. Dengan begitu semua notifikasi akan mati.

7. Jalankan Storage Sense

Storage yang terlalu penuh juga akan menghambat proses booting. Untuk itu, perlu menghapus file sampah secara otomatis untuk mengurangi penggunaan storage pada perangkat. Pada Windows 10 fitur ini dapat diaktifkan secara otomatis.

Cukup masuk ke dalam Windows Settings dan pilih menu Storage. Jika sudah, klik aktifkan Storage Sense. Secara otomatis akan bekerja menghapus file sampah yang ada secara permanen dan mempercepat proses booting.

Beberapa cara mempercepat booting Windows 10 di atas dapat dilakukan dengan mudah. Tidak hanya proses booting saja, cara tersebut dapat digunakan untuk mempercepat kinerja perangkat tersebut. Cara ini juga dapat digunakan pada Windows 10 Pro, Home dan lainnya.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close