Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Cek Garansi dengan IMEI, Langkah Mudah Atasi Masalah

IMEI pada ponsel berbeda-beda karena merupakan kode atau nomor unik pada perangkat tersebut dan memiliki berbagai fungsi, di antararanya mengecek garansi. Cara cek garansi dengan IMEI bisa dilakukan oleh pengguna dan tentunya merupakan salah satu hal penting.

Selain itu, penggunaannya juga bisa untuk membantu melacak ponsel yang hilang, mengetahui identitas ponsel, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pengecekan garansi ponsel sendiri, akan berbeda pada setiap tipe atau merk ponselnya. Berikut cara melakukannya:

1. Cek Garansi HP Samsung

Mengecek garansi pada HP Samsung dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya: melihat dari kartu garansi resmi Samsung atau nota pembelian ponsel, menghubungi service center resmi Samsung dan salah satu lainnya adalah mengecek dengan IMEI. Berikut langkahnya:

  • Ketik kode *#06#. Pada papan dial ponsel, ketikkan kode tersebut, pilih Ikon Panggilan pada telepon genggam dan tunggu prosesnya hingga muncul nomor IMEI.

  • Buka Web Samsung.com. atau Samsungwarrantycheck.com. Jika menggunakan Web ini, pengecekan garansi dapat dilakukan dengan memasukkan nomor IMEI pada kolom terkait dan klik “Verifikasi”. Informasi terkait ponsel tersebut akan muncul. Klik pilihan “Informasi garansi” untuk mengecek garansinya.

  • Melalui Situs Imei.info. Daftar dan masukkan nomor IMEI dan tunggu tampilan informasi seputar perangkat. Pada menu “Warranty Via SN”, cek masa garansi ponsel tersebut.

  • Selesai. Tampilan informasi garansi pada perangkat terkait akan terlihat saat proses pada tahapan sebelumnya telah dijalankan.

2. Cek Garansi HP Oppo

Tidak jauh berbeda dengan cara cek garansi dengan IMEI seperti sebelumnya, pada HP Oppo ini dapat dilakukan melalui akses Web terkait. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Masukkan kode *#60#. Kode ini dapat diketikkan pada papan dial ponsel untuk melakukan pengecekan IMEI perangkat terkait.

  • Kunjungi Web Support.oppo.com. Pilih menu “Garansi”. Ketika tampilan Oppo warranty check telah terlihat, masukkan kode IMEI pada kolom pencarian “Please Input IMEI or SN” dan klik “Check Now”.

  • Selesai. Pengguna hanya tinggal menunggu prosesnya sampai muncul informasi garansi dari perangkat terkait.

3. Cek Garansi HP Realmi

Pengecekan garansi dengan IMEI berikutnya pada HP Realmi juga hampir sama langkahnya. Pengguna dapat melakukan pengecekan tersebut pada ponselnya dengan melakukan langkah sebagai berikut:

  • Cek IMEI Ponsel. Pada papan dial ponsel, ketik kode *#606# untuk melakukan pengecekan IMEI perangkat terkait.

  • Buka Situs Realmi.com. Jika tampilan status garansi pada Realmi Support Phonecheck telah terlihat saat membuka situs tersebut, masukkan nomor IMEI ponsel pada kolom yang telah tersedia. Kemudian, pilih menu “Check Sekarang”.

  • Selesai. Tunggu prosesnya hingga selesai dan memunculkan tampilan informasi garansi dari perangkat terkait.

4. Cek Garansi iPhone

iphone menjadi salah satu merk atau tipe HP yang sudah banyak digunakan masyarakat masa kini. Untuk pengecekan masa garansinya pun dapat dilakukan dengan cara serta langkahnya sebagai berikut ini:

  • Lakukan Pengecekan IMEI. Pengecekan IMEI pada ponsel dapat dilakukan dengan memasukkan kode *#606# pada papan dial perangkat tersebut.

  • Kunjungi situs Check.coverage.apple.com/id/in. Masukkan nomor IMEI pada kolom pilihan yang telah tersedia. Ikuti beberapa instruksi atau petunjuk terkait proses pada tahap ini.

  • Selesai. Lihat tampilan informasi garansi ponsel apabila pengguna telah menyelesaikan proses tahapan sebelumnya.

5. Cek Garansi HP VIVO

Hampir sama dengan pengecekan garansi pada beberapa tipe atau merk HP sebelumnya, pada VIVO dapat dilakukan pengecekan garansi dengan IMEI juga seperti langkah berikut ini:

  • Input Kode pada Dial Pad. Melalui papan dial telepon genggam, input kode *#606# untuk melakukan pengecekan IMEI dari ponsel tersebut.

  • Buka Situs Imei.info. Pada pilihan menu “Phonedatabase”, masukkan IMEI serta tipe ponsel pada masing-masing pilihan yang tersedia. Kemudian, pilih “Check”. Jika tampil pilihan verifikasi, klik centang pada pilihan captcha tersebut.

  • Selesai. Informasi garansi ponsel tersebut dapat dilihat pengguna setelah menunggu serta menyelesaikan proses pada tahapan-tahapan sebelumnya.

Melalui cara cek garansi dengan IMEI pada beberapa tipe atau merk ponsel di atas, pengguna dapat melakukan dengan langkah yang mudah. Hal tersebut dapat menjadi sumber informasi penting bagi pengguna terkait penggunaan IMEI serta pengecekan masa garansi ponselnya masing-masing.

 

Android Cara Cek Garansi dengan IMEI Langkah Mudah Atasi Masalah
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar