Breaking News

Cara Membagi Partisi Windows 10, Solusi Ampuh Atasi Hardisk Penuh

Laptop/komputer tentu memiliki ruang-ruang penyimpanan pada hardisk di beberapa program Windows, termasuk Windows 10. Pengguna bisa membagi ruang tersebut ke beberapa bagian lain yang biasa disebut partisi. Cara membagi partisi Windows 10 sendiri pun dapat dilakukan dengan mudah.

Partisi hardisk tersebut salah satu fungsinya adalah untuk memberikan efisiensi ruang penyimpanan yang lebih baik, agar nantinya kinerja pada Windows di laptop/komputer dapat berjalan efektif. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengguna beserta langkah-langkahnya:

Cara Membagi Partisi Hardisk Tanpa Aplikasi Tambahan

Pada menu pengaturan laptop/komputer itu sendiri sudah dapat melakukan pembagian partisi hardisk tanpa perlu menambahkan instalan aplikasi pendukung lainnya. Cara yang dilakukan juga mudah dipahami oleh pengguna pemula sekalipun. Langkahnya sebagai berikut:

  • Nyalakan Laptop/Komputer. Pastikan perangkat yang akan digunakan telah memiliki program Windows 10 karena pembagian partisi kali ini diterapkan untuk Windows 10.

  • Tekan Tombol Windows + E. Shortcut menu ini dapat digunakan untuk membuka file Explorer pada laptop/komputer.

  • Klik This PC. Klik kanan pada pilihan This PC dan pilih menu “Manage”.

  • Pilih Disk Management. Dari beberapa pilihan yang ada, pilih menu “Disk Management”.

  • Atur Partisi yang Ingin dibagi. Apabila pengguna belum melakukan pembagian di waktu lalu, biasanya yang muncul hanya satu partisi awal dari Windows (C:). Namun, pengguna tetap bisa melakukan proses partisi hardisk dan

  • Klik kanan, Lalu pilih Shrink Volume. Di bagian ini, pengguna dapat mengatur pilihan kapasitas pembagian partisi baru pada kolom pilihan yang tersedia.

  • Lakukan Pengaturan Size Partisi. Pemilihannya disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan kapasitas sistem yang tersedia.

  • Tekan Pilihan Shrink. Setelah pengaturan size atau kapasitas untuk partisi baru telah diatur, tekan pilihan “Shrink”.

  • Pilih New Simple Volume. Pada tahap ini, klik kanan di kolom volume partisi baru dan pilih “New Simple Volume”.

  • Finish. Klik “Next” secara berurutan hingga menu “Finish” muncul untuk dipilih. Jika pengguna ingin membagi partisi lagi, ulangi langkah sebelumnya, yakni pada tahap pemilihan menu “New Simple Volume”.

  • Ubah Nama Partisi Baru. Jika pengguna menginginkan perubahan nama pada partisi baru, langkahnya dengan melakukan klik kanan, pilih menu properties, lalu ubah file name dan continue. Tunggu beberapa saat hingga selesai dan nama partisi telah terganti.

Cara Membagi Partisi Hardisk dengan Aplikasi Tambahan

Pilihan berikutnya untuk cara membagi partisi Windows 10 adalah menggunakan aplikasi tambahan. Media akses pendukung ini dapat berguna untuk beberapa hal terkait seperti: memisahkan serta memindahkan partisi, memperluas sistem drive dan lain sebagainya. Berikut langkahnya:

  • Download Easeus Partition Master. Pengunduhan aplikasi tambahan pada laptop/komputer ini dapat diakses melalui Web Browser. Pengguna dapat mengetikkan Filehippo.com dan setelahnya memilih Easeus Partition Master.

  • Install Media Akses Tambahan Tersebut pada Laptop/Komputer. Setelah melakukan set up pada tampilan epm.exe sebelumnya, lakukan pengaturan bahasa, lokasi penginstalan, lalu tekan next dan centang pilihan “Launch EaseUS Partition Master”. Klik Finish dan tunggu proses penginstalan.

  • Klik Menu Later. Jika menu peng-upgrade-an fitur berbayar, klik “later” untuk melewatinya. Pada fitur free juga dapat melakukan pembagian partisi. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir melewatinya. Meskipun fitur berbayar akan lebih lengkap akses fungsi yang didapatnya.

  • Pilih Drive yang Akan dipartisi. Caranya, klik kanan pada drive penyimpanan/hardisk yang akan dipartisi dan pilih menu “Resize/Move”.

  • Lakukan Pengaturan pada Menu Advance Settings. Jika jendela menu “Resize/Move” telah terbuka, lakukan pengaturan pada menu “Advance Settings”. Atur kapasitas penyimpanan pada partisi baru dengan mengklik dan menahan kursor pada bagian tampilan kolom(ruang) penyimpanan yang kosong. Kemudian, klik “OK”.

  • Tekan Menu Apply. Bila menu “Execute Operations” dipilih, tekan menu “Apply”.

  • Tunggu Proses Reboot. Apabila muncul menu “Reboot”, klik “yes” dan tunggu proses rebooting hingga selesai. Laptop/komputer akan melakukan proses Restart.

  • Selesai. Pengguna dapat mengecek kembali pada tampilan penyimpanan yang telah berhasil melakukan proses partisi hardisk.

Dengan adanya cara membagi partisi Windows 10 seperti yang dijabarkan di atas, pengguna dapat dengan mudah memahami dan bisa melakukannya sendiri tanpa skill khusus sekalipun. Penggunaannya tentu untuk memberikan efisiensi serta efektifitas kinerja pada bagian laptop/komputer tersebut.

 

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close