Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10 dengan Mudah

File penting yang tidak sengaja atau sengaja dihapus secara permanen pada Windows 10 ternyata dapat dikembalikan lagi. Beberapa cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 pada saat ini memang mudah serta dapat dilakukan oleh semua pengguna.

Selain karena sengaja atau akibat dari kelalaian para penggunanya sendiri, file yang terhapus bisa juga disebabkan karena hal lain. Beberapa hal tersebut yaitu karena adanya virus pada perangkat, kegagalan pada perangkat keras, hingga karena ada pencurian data.

Menggunakan Fitur di Windows 10

Perangkat Windows 10 telah dibekali dengan berbagai fitur canggih yang sangat bermanfaat bagi para pengguna sistem operasi tersebut. Fitur-fitur yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk mengembalikan file-file yang sudah dihapus ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Fitur Restore Previous Versions

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 melalui fitur canggih ini dapat dilakukan dengan cepat. Fitur ini merupakan sebuah salinan file dan juga folder yang diciptakan oleh Windows Backup. Langkah-langkah untuk mengembalikan file tersebut adalah.

  • Klik pada menu Start.

  • Kemudian klik pada folder tempat file tersimpan yang dihapus tersebut.

  • Klik kanan tepat di folder tersebut lalu lakukan Restore Previous Versions.

  • Setelah itu buka tempat file tadi.

  • Kemudian klik pulihkan tepat di nama file ataupun folder yang ingin dipulihkan.

2. Fitur Akses Command Prompt

Fitur yang terdapat di Windows 10 yang dapat digunakan untuk mengembalikan file terhapus selanjutnya adalah fitur Akses Command Prompt (CMD). Para pengguna harus mengakses fitur ini terlebih dahulu dengan mencarinya di search bar atau dengan cara tekan ctrl+f.

  • Klik kanan pada Windows dan tekan Run As Administrator.

  • Kemudian ketik chkdsk(spasi)X:(spasi)/f. Gantilah huruf X tadi menjadi nama perangkat dimana file yang akan dikembalikan tersebut tersimpan.

  • Setelah itu tekan ATTRIB-H(spasi)-R-S(spasi)/S(spasi)/D X:*.*. Seperti cara sebelumnya, ganti huruf X dengan tempat penyimpanan filenya.

  • Selanjutnya tunggu sampai proses recovery file dan juga folder selesai, selama proses ini berlangsung, jangan lakukan kegiatan menyimpan, menghapus atau memindah file apapun.

Menggunakan Software Recovery

Perkembangan pada teknologi sekarang ini telah memberikan kemudahan untuk pengguna Windows 10, salah satunya yaitu adanya Software untuk recovery data. Software recovery ini antara lain Recuva dan Disk Drill. Penjelasan mengenai kedua Software recovery ini adalah sebagai berikut.

1. Software Recuva

Software untuk merecovery file yang pertama adalah Recuva, software ini memberikan kemudahan dalam proses penggunaannya karena tampilannya yang user friendly. Meskipun software ini ditawarkan sebagai software berbayar, namun para pengguna tetap dapat mengunduh dan menggunakan versi gratisnya.

  • Download lalu install software tersebut.

  • Kemudian buka Recuva Wizard melalui komputer atau laptop lalu pilihlah file yang ingin di recovery lalu tekan tombol Next.

  • Tentukan lokasi tempat file ingin disimpan.

  • Ceklist kotak Enable Deep Scanning, lalu klik mulai.

  • Setelah proses scan selesai, Selanjutnya klik kanan tepat di file tersebut lalu klik menu Recovery Highlighted.

  • Kemudian diakhiri dengan tombol Recover.

2. Software Disk Drill

Software untuk pemulihan data yang berikutnya adalah Software Disk Drill. Software ini dapat digunakan secara gratis dengan fitur yang bagus. Bahkan bisa memulihkan data sampai 500MB dari perangkat penyimpanan seperti harddisk internal dan eksternal,  kartu memori, USB, dan iPod.

Demikianlah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10 untuk dipraktekkan semua pengguna yang memerlukannya. Pada dasarnya penggunaan software untuk melakukan pengembalian data memiliki langkah yang serupa, sehingga pengguna dapat melakukannya bahkan tanpa tutorial.


Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10 dengan Mudah Tutorial
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar