Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Jarang Diketahui! Manfaat Daun Binahong Ternyata Mengejutkan

 

Jarang Diketahui! Manfaat Daun Binahong Ternyata Mengejutkan

Banyak manfaat daun Binahong yang dikesampingkan dan tidak terlalu diketahui orang. Padahal daun yang juga disebut dengan daun binahong ini kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan. Sejak lama daun ini dianggap memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia jika diolah dengan benar.

Tak hanya memiliki banyak manfaat, bentuk daun dari tumbuhan ini juga sangat khas, daun ini berwarna hijau dengan bentuk hati yang unik.

Daun ini sering digunakan sebagai obat untuk luka bakar hingga luka diabetes, selain itu daun Binahong memiliki banyak manfaat lain, diantaranya adalah.

Manfaat Daun Binahong  yang  Sering  Diremehkan

Bagi sebagian besar orang, daun ini mungkin hanya daun biasa karena tumbuh dan hidup dengan cara menjalar seperti daun liar.

Namun siapa sangka jika manfaat daun Binahong sangat banyak, selain bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Daun ini juga dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah penyakit kronis, seperti:

1. Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah momok terbesar bagi setiap orang dan menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Kanker sendiri terjadi akibat adanya sel yang bertumbuh secara liar dan tidak terkendali di dalam tubuh.

Tapi manfaat daun Binahong untuk mencegah penyakit kanker dengan cara meminum air rebusan daunnya 3 kali sehari secara rutin selama beberapa waktu.

2. Mengobati Asam Urat

Mengkonsumsi air rebusan daun ini juga dipercaya mampu menurunkan kadar purin yang ada di dalam tubuh. Purin ini sendiri merupakan senyawa organik yang ada di dalam DNA tubuh yang muncul setelah mengkonsumsi makanan yang dapat memicu asam urat.

Sederhananya, manfaat daun Binahong adalah dapat mengobati penyakit asam urat dengan meminimalisir gejala yang dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan asam urat kumat.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes bisa terjadi akibat kadar gula tinggi di dalam tubuh karena tidak mengatur pola makan yang benar. Daun Binahong dianggap memiliki manfaat yang banyak bagi penderita diabetes. Senyawa alkaloid yang ada pada daun ini memiliki sifat hipoglikemik yang bermanfaat menurunkan kadar gula.

Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi air rebusan daun Binahong secara rutin tidak hanya baik untuk mengontrol penyakit diabetes namun juga mencegahnya. Karena mampu menjaga kadar gula tetap stabil baik bagi penderita diabetes maupun yang memiliki resiko diabetes.

Kandungan flavonoid, protein, asam oleanolat dan askorbat yang ada pada daun ini juga mampu menyembuhkan luka diabetes.

4. Mengatasi Anemia

Tekanan darah yang berada di bawah normal mengakibatkan seseorang terkena anemia sehingga membutuhkan asupan zat besi untuk mengimbanginya. Manfaat daun Binahong lainnya adalah untuk menambah zat besi yang dibutuhkan sel darah merah.

Karena daun ini juga kaya akan kandungan zat besi sehingga mampu menyembuhkan penyakit anemia.

5. Menangkal Radikal Bebas

Sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki banyak khasiat, daun ini telah teruji mampu menangkal radikal bebas karena adanya kandungan antioksidan dengan kadar yang cukup tinggi di dalamnya.

Sebuah penelitian menemukan bawah ekstrak etanol yang ada pada daun Binahong sedang mengandung antioksidan sebanyak 4,25 mmol per 100 gram. Sedangkan pada daun Binahong kering hanya mencapai angka 3,89 mmol per 100 gram.

Tapi meski begitu daun ini dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Karena mampu menjadi penyebab berbagai macam penyakit mematikan, salah satunya seperti kanker.

Banyaknya manfaat daun Binahong pastinya membuat tumbuhan ini dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif yang alami dan lebih sehat. Sehingga sudah sepantasnya jika daun berbentuk hati ini dijaga dan dilestarikan. 

Jarang Diketahui! Manfaat Daun Binahong Ternyata Mengejutkan News
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar