Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Pengertian dan Sejarah dari Internet anda wajib tahu!

 

Pengertian dan Sejarah dari Internet anda wajib tahu!

Internet adalah sebuah jaringan yang memiliki fungsi untuk menghubungkan suatu media elektronik dengan media lainnya. Jaringan komputer inilah yang akan mengirimkan data secara akurat dengan sebuah frekuensi tertentu. Standar internasional penggunaan internet sendiri telah memakai Internet protocol atau sering kita sebut dengan istilah IP

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian internet menurut pendapat para ahli di dunia, dan sangat berpengaruh dengan perkembangan internet dari masa – kemasa.

1. Turban, Potter, dan Rainer (2005)

Menurutnya internet merupakan sebuah jaringan yang sangat besar dan bisa menghubungkan komputer. Mulai dari jaringan organisasi, sekolah, bisnis, pemerintahan dan masih banyak Lembaga lainya secara cepat dan akurat.

2. Allan (2005)

Allan berpendapat internet adalah kumpulan sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lain, dan dapat terbaca serta berbagi protocol komunikasi atau sering kita kenal dengan istilah IP dan TCP

3. Harjono (2009)

Menurut Harjono internet merupakan kumpulan beberapa komputer, bahkan menurutnya bisa sampai ribuan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain. Dalam menghubungkan semua komputer dibutuhkan sebuah kabel maupun satelit.

4. Sarwono (2012)

Menurut Sarwono, internet adalahsebuah kumpulan jaringan dengan lingkup global. Pada awalnya internet digunakan oleh lingkup militer saja namun sekarang internet digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

5. Supriyanto (2006)

Supriyanto berpendapat bahwainternet merupakan beberapa komputer atau banyak komputer yang saling berhubungan di dunia dan memiliki system informasi yang berbeda – beda.

Sejarah dan Perkembangan Internet di Dunia

Internet memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada tahun (1960), Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sebuah projek jaringan yang kemudian diberi nama (ARPANET) melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA).

Kemudian nantinya, (ARPANET) inilah yang menjadi awal mula dari munculnya jaringan internet yang kita kenal sekarang. Kemudian, sekitar tahun (1980), teknologi jaringan telah digunakan oleh beberapa perguruan tinggi, meskipun kala itu masih sangat terbatas sekali penggunaanya dan masih di gunakan pada kalangan tertentu saja.

Adapun protokol standar (IP) atau (TCP) baru hadir dan dipublikasikan pada tahun (1982). Lalu pada tahun(1986), barulah berdiri sebuah perusahaan yang bernama National Science Foundation Network (NSFNET). (NSFNET) inilah yang kemudian muncul sebagai pengganti ARPANET dalam mewadahi semua hasil riset dan penemuan di Amerika. Setelah itu beberapa tahunkemudian yaitu sekitar tahun 1990, ARPANET diturunkan.

Sebagai penggantinya, CERN mengenalkan layanan baru Bernama WWW atau World Wide Web. Hingga di tahun(1993), mulailah dikembangkanlah sebuah Internic, yang bertujuan untuk mendaftarkan nama domain dari public tentunya. Kemudian internet mulai masuk ke Indonesia pada tahun (1994). Pada tahun tersebut orang – orang yang menggeluti IT atau ilmu teknologi mulai mengajarkan kepada masyarakat luas.

Semenjak ditemukannya jaringan, internet mulai berkembang pesat. Perkembangan internet pun mengalami banyak perubahan yang sangat signifikan, baik dalam hal cakupan, kecepatan, transmisi, ataupun penggunaannya. Cakupan ini lebih mengarah pada jangkauan wilayah yang bisa memakai internet jadi semakin luas.

Hingga pada saat ini, masih banyak sekali negara yang berlomba-lomba untuk berusaha memenuhi dan memperluas jangkauannya menggunakan satelit tentunya. Karena dengan menggunakan satelit lah jangkauan internet akan dapat diperluas.

Lalu pada bagian transmisi pada paket data, dari tahun ke tahun juga terus mengalami perubahan yang drastis. Transmisi data pada saat ini tentu sudah sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sesuai dengan konsep dan pengertian internet tentunya, serta didukung dari teknologi yang semakin modern, transmisi paket data internet pun menjadi semakin baik dan sangat cepat tentunya.

Berpengaruh juga pada bagian kecepatannya. Rata – rata industri teknologi kini berupaya untuk terus menerus mengembangkan jaringan. Dari yang dulunya menggunakan 2G, 3G, 4G, sampai saat ini yang terbaru, yaitu 5G. Semakin besar teknologi jaringan internet yang akan digunakan, tentu saja resources yang Anda butuhkan sangat besar bagi negara.

Pada saat ini internet bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, yang dulunya hanya di pergunakan dikalangan militer saja sampai dengan sekarang semua boleh menggunakan internet.

Hampir semua pekerjaan saat ini yang kita gelutisangat membutuhkan internet untuk Sebagian proses atau semua prosenya. Tidak hanya pada bagian pekerjaan saja yang membutuhkan internet, internet juga saat ini merambah ke bidang-bidang lainnya, seperti politik, ekonomi, informasi, pendidikan, komunikasi, dan masih banyak bidang lainnya jadi hamper Sebagian besar aktifitas sekarang menggunakan internet.

Hal ini sangat berbanding terbalik dengan perkembangan internet di Indonesia, akhir – akhir ini tujuan internet lebih kearah mendapatkan uang saja. Banyak sekali hal – hal negatif yang terkandung di internet, tapi ada juga hal positifnya. Banyak sekali perusahaan mengkomersialkan internet karna dengan internet pendapatan mereka naik pesat, dan bermanfaat juga bagi perekonomian.

Manfaat Internet

Banyak sekali manfaat dari internet dalam kehidupan sehari – hari kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari internet bagi kehidupan manusia pada saat ini:

1. Bidang Bisnis

Pada bidang bisnis sendiri, banyak sekali manfaat internet dan keuntungan yang di dapat digunakan, seperti jualan online, membuat website, promosi sebuah perusahaan dan masih banyak tentunya. Perlu di ingat jika kita sedang berselancar di dunia internet berarti kita akan terhubung dengan orang – orang di seluruh dunia dan akan saling berinteraksi satu sama lain nanti.

2. Bidang Pendidikan

Pada bidang Pendidikan sendiri, internet dimanfaatkan untuk mencari sumber materi pelajaran atau mengumpulkan data yang bener – bener akurat. Manfaat internet pada bidang ini memudahkan para pelajar juga untuk belajar dan saling bertukar pikiran antara siswa.

Bagi guru juga memudahkan untuk memberikan materi pelajaran kepada siswanya, jadi tidak perlu bertemu langsung cukup dengan mengirimkan file data melalui sebuah aplikasi saja.

3. Bidang Informasi

Pada bidang informasi sendiri saat ini banyak sekali informasi yang bermunculan dan di dapatkan melalui berbagai perangkat yang ada. Hal ini karena internet merupakan penyedia sumber informasi yang sangat cepat dan lebih efektif daripada kita harus menonton atau menggunakan media elektronik lainnya seperti radio, televisi, dan koran untuk mendapatkan informasi serta berita aktual secara sangat cepat.

Sesuai dengan fungsi internet sendiri, memudahkan semua orang untuk mendapatkan informasi dari seluruh dunia, pada abad 21 ini banyak sekali orang – orang yang memanfaatkan media internet untuk bertukar informasi dengan sangat cepat. Semisal perusahaan berita atau media cetak memberikan berita melalui surat kabar juga dia membuat sebuah website untuk membagikan berita dengan efektif.

4. Bidang Kesehatan

Di bidang Kesehatan sendiri, manfaat internet adalah untuk mendapatkan layanan pengobatan dengan sangat cepat melalui media online. Anda hanya cukup menulis sebuah keluhan untuk mengetahui obat yang tepat dan akurat tentunya dan sebelum di tangani lebih lanjut oleh petugas medis tentunya. 

Pengertian dan Sejarah dari Internet anda wajib tahu! Tutorial
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar