Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Sejarah Singkat Perkembangan Processor Intel dari Tahun 2000

 

Sejarah Singkat Perkembangan Processor Intel dari Tahun 2000

Perkembangan processor tentu sangat berpengaruh pada cara kerja computer. Mengapa demikian? Karena processor merupakan otak dari computer, ini adalah salah satu bagian terpenting yang ada pada computer. Seperti halnya otak manusia yang digunakan untuk berpikir, otak pada computer ini juga memiliki peran untuk mengatur dan mengontrol kinerja computer.


Apa yang terjadi apabila computer tidak dibekali processor? Jika tidak dibekali processor, computer tidak bisa melakukan apa-apa, hanya sebuah mesin atau benda mati yang tiada guna. Processor diletakkan pada socket yang tersedia pada motherboard.

Jenis dan kapasitas processor pada setiap computer memiliki pengaruh yang sangat besar pada kecepatan computer. Processor yang ada dari jaman dahulu pasti mengalami perkembangan, tidak mungkin langsung secanggih processor yang banyak digunakan pada saat ini.

Perkembangan Processor

Perkembangan processor yang terjadi mempengaruhi peningkatan kecanggihan juga kecepatan computer. Salah satu perusahaan pembuat CPU yang dikenal banyak orang adalah Intel. Meski bukan satu-satunya, tetapi Intel merupakan perusahaan pembuat CPU yang menjadi pelopor diantara CPU yang lain.

Lalu, generasi apa saja yang sudah dilewati processor dalam perkembangannya sejak tahun 2000? Berikut merupakan pembahasannya.

Sebenarnya, processor intel sudah dibuat sejak tahun 1971 yang lalu, 4004 Microprocessor merupakan microprocessor pertama yang muncul pada saat itu. Namun, yang akan dibahas pada saat ini adalah perkembangan sejak tahun 2000 an, berikut penjelasannya:

Tahun 2.000 sampai tahun 2.006

Pada tahun 2.000, perkembangan processor dimulai dari processor Pentium 4 yang merupakan produk intel yang kecepatannya mampu menembus 3.06 GHz. Kemudian dilanjut dengan hadirnya processor pertama berbasis 64 bit dari intel pada tahun 2.001, yaitu Intel Itanium. Tujuan utama Itanium ini adalah untuk pemakaian pada server juga workstation.

Setelah itu, pada tahun 2.002 muncul Itanium 2 sebagai generasi kedua dari keluarga Itanium. Tahun 2.003, mulai muncul Intel Centrino yang dibuat untuk sebuah computer yang mudah dibawa kemana-mana. Kemudian dilanjut lagi dengan munculnya Intel Pentium M 735/745/755 juga Intel E7520/E7320 pada tahun 2.004.

Pada tahun 2.005 hadir Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz, processor ini sudah menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066 GHz FSB, EM64T, juga Hyper Threading. Selanjutnya di tahun 2.006, muncul Intel Core 2 Quad Q6600, processor ini ditujukan untuk type desktop dan memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz, 1.06GHz Front-side bus, serta thermal design power.

1. Intel Core 2 Duo
Processor ini merupakan generasi kedua dari arsitektur Core. Pada Processor ini, kinerja juga efisiensi meningkat sebanyak 40 persen dari processor atau generasi sebelumnya. Pasalnya sudah memakai teknologi 45 Nm dengan 1333 MHz front side bus serta 6 MB L2 Cache.

2. Intel Core i3

Pada Intel Core i3, di dalam processor nya sudah terdapat GPU. Intel Core ini hadir dengan dua type, yaitu untuk type desktop dengan TDP sebesar 74 Watt, dan menggunakan micro arsitektur, kemudian untuk type socket dengan socket LGA 1156.

3. Intel Core i5

Intel Core i5 menggunakan Dual Channel DDR 3, dan berkecepatan mulai dari 1,90 GHz sampai dengan 3,80 GHz. Processor Intel Core i5 ini menggunakan socket LGA 1150 atau LGA 1155 pada motherboard. Processor ini bisa digunakan untuk penggunaan yang lebih berat pada computer laptop.

4. Intel Core i7

Perkembangan processor terbaru yang banyak digunakan laptop pada saat ini adalah Intel Core i7. Processor ini hadir sebagai processor pertama yang menggunakan teknologi Nehalem. Penggunaan teknologi Nehalem ini merubah atau mengganti fungsi FSB menjadi Quick Path Interconnect atau QPI. Penggantian fungsi ini tentu membuat processor menjadi lebih revolusioner. 

Sejarah Singkat Perkembangan Processor Intel dari Tahun 2000 tekno
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar