Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

7 Perbedaan Smart TV dan Android TV yang Harus Anda Ketahui, Lengkap dengan Penjelasannya

TV atau Televisi merupakan salah satu barang elektronik yang waib dimiliki sebagai sarana hiburan di rumah. Pada saat ini terdapat berbagai merk TV di jual di pasaran sehingga tak sedikit orang yang bingung ketika hendak membeli TV.

Apabila kamu hendak membeli TV alangkah lebih baiknya mengetahui perbedaan Smart TV dan TV Android, sekilas hampir sama tapi ada sedikit yang berbeda.

Foto oleh cottonbro studio

Apa itu Smart TV?

Smart TV merupakan TV yang tidak hanya dapat digunakan untuk menonton TV, tetapi juga memiliki banyak fungsi hiburan lainnya. Smart TV, juga dikenal sebagai televisi, menawarkan program tambahan yang dapat diakses melalui koneksi internet.

Biasanya di smart TV ada beberapa aplikasi bawaan seperti YouTube, Mola, dll. Namun, beberapa sistem operasi smart TV tidak bisa diupgrade, sehingga aplikasi yang sudah tersedia tidak bisa mendapatkan update.

Apa itu TV Android?

Android TV memiliki fungsi yang sama dengan smart TV, dapat terhubung ke Internet dan menawarkan banyak aplikasi bawaan.

Tidak seperti smart TV, Android TV dapat terhubung ke Google Play Store, sehingga Anda dapat mengunduh aplikasi lain yang tersedia di Play Store seperti smartphone Android.

Canggihnya, Android TV dilengkapi dengan remote TV Bluetooth dengan mikrofon sehingga Anda dapat menggunakan Google Assistant. Ucapkan apa saja yang kamu inginkan dan Google akan menulusurinya

7 Perbedaan Smart TV dan TV Android

1. Sistem Operasi

Perbedaan utama antara Android TV dan Smart TV adalah sistem operasinya. Bergantung pada merek yang Anda pilih, Smart TV berjalan di sistem operasi yang berbeda. Misalnya, LG menggunakan sistem operasi bernama WebOS, sedangkan smart TV Samsung hadir dengan sistem operasi bernama Tizen.

Android TV, sebaliknya, berjalan pada sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Ini memberi Anda pengalaman keseluruhan yang lebih baik karena Anda dapat dengan mudah mengontrol TV Android Anda dengan ponsel cerdas atau jam tangan pintar Android Anda.

2. Dukungan Aplikasi

Smart TV vs Android TV, mana yang lebih baik untuk ketersediaan aplikasi? TV Android akan menjadi pemenangnya.

Meskipun keduanya mendukung banyak aplikasi bawaan, berkat dukungan Play Store di Android TV, Anda memiliki j6.000 aplikasi termasuk YouTube, Netflix, Disney Hotstar, Prime Video, dan lainnya.

Smart TV tidak memiliki keunggulan ini karena hanya menyediakan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer. Belum lagi, pembaruan aplikasi di smart TV sulit didapat, sehingga beberapa aplikasi tidak didukung.

3. Perbarui

Android TV tidak hanya menawarkan lebih banyak aplikasi, tetapi juga memenangkan pertarungan antara Android dan smart TV dalam hal pembaruan firmware dan aplikasi. Secara umum, pengembangan teknis untuk Android TV aktif, dan pembaruan diluncurkan dengan senang hati.

Selain itu, Anda dapat menikmati pembaruan otomatis saat terhubung ke Internet. Di sisi lain, banyak smart TV tidak sering diperbarui, dan OS TV menjadi usang setelah beberapa tahun.

4. Asisten Suara

Perbedaan penting lainnya antara Android dan smart TV adalah fungsi asisten suara. Asisten Google bawaan Android TV membedakannya dari kompetisi.

Fitur ini memungkinkan Anda beralih antar saluran dan mencari konten favorit Anda secara online dengan kontrol suara tanpa menggunakan perangkat input.

Benar bahwa banyak TV pintar juga mendukung kontrol suara, tetapi tidak sekuat Asisten Google.

5. Gambar cermin

Android vs Smart TV menyediakan opsi untuk mencerminkan dari smartphone ke TV. Namun, transmisi layar di Android TV lebih mudah digunakan karena dilengkapi dengan fungsi Chromecast.

Anda akan mendapatkan gambar definisi tinggi dan video streaming yang tajam. Di sisi lain, bahkan dengan smart TV yang memiliki pencerminan layar bawaan, memasangkan dan menyambungkan perangkat adalah hal yang merepotkan.

6. Navigasi

Dalam hal memilih antara Android dan Smart TV dalam hal kemudahan pengalaman, Smart TV memiliki keunggulan. Dengan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna, lebih mudah untuk beralih antar aplikasi saat muncul di layar beranda.

Jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkannya. Android TV, di sisi lain, bisa jadi sulit dinavigasi, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan ekosistem Android.

7. Kinerja

Smart TV memiliki kinerja yang lebih cepat karena antarmuka yang sederhana dan dioptimalkan antara perangkat keras dan perangkat lunak. Performa TV Android lambat, terutama setelah beberapa tahun digunakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7 Perbedaan Smart TV dan Android TV yang Harus Anda Ketahui Lengkap dengan Penjelasannya tekno
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar