Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Mengenal Teknik Komputer dan Jaringan

Salah satu jurusan yang menjadi pilihan favorit bagi para calon siswa SMK yaitu teknik komputer dan jaringan atau sering disebut juga TKJ. Jurusan in

Salah satu jurusan yang menjadi pilihan favorit bagi para calon siswa SMK yaitu teknik komputer dan jaringan atau sering disebut juga TKJ.

Jurusan ini menjadi pilihan favorit banyak calon siswa karena pada dasarnya jurusan ini erat kaitannya dengan perkembangan teknologi dan kemajuan era digital. Jurusan ini juga mayoritas dipilih oleh anak laki – laki, meskipun saat ini juga sudah banyak perempuan yang memilih jurusan ini.

Apa Itu Teknik Komputer dan Jaringan?

TKJ adalah salah satu program pembelajaran yang pada dasarnya menggabungkan antara ilmu komputer dengan teknik elektro dalam rangka pengembangan sistem perangkat lunak, perangkat keras, dan juga jaringan komputer.

Tidak hanya itu saja, TKJ juga mengembangkan dan mengamati atau mempelajari tentang perangkat yang saling terhubung dalam sebuah interaksi, serta mempelajari juga tentang program – program komputer, instalasi komputer dan LAN, serta mempelajari bagaimana memperbaiki komputer dan jaringannya.

Secara umum, program pembelajaran TKJ ini mencakup beberapa bidang utama, antara lain, jaringan komputer, pemrograman, database, dan administrasi sistem. Lalu, apa saja yang dipelajari dalam keempat bidang utama tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jaringan komputer

Merupakan bidang dasar yang dipelajari dalam program pembelajaran TKJ dan mempelajari tentang protokol komunikasi antar jaringan komputer, topologi jaringan, manajemen jaringan, keamanan jaringan, dan bagaimana cara menghubungkan perangkat komputer menjadi satu jaringan yang saling terhubung dan dapat melakukan komunikasi serta berbagi sumber daya.

2. Pemrograman

Bidang pemrograman pada dasarnya berisi tentang ilmu dan pemahaman tentang bahasa pemrograman, algoritma, struktur data, serta paradigma pemrograman.

Secara umum, bidang pemrograman mempelajari cara membuat program berupa aplikasi atau software untuk komputer, web, ataupun perangkat mobile yang bisa menjalankan perintah atau tugas tertentu.

3. Database

Database meliputi pemahaman tentang manajemen database, keamanan data, bahasa SQL, dan model data. Selain itu, bidang ini juga mempelajari tentang pemanfaatan database, perancangan, dan pengelolaan data untuk pengolahan data yang lebih efisien.

4. Administrasi sistem

Pada dasarnya, bidang administrasi sistem ini mempelajari tentang pengelolaan dan pemeliharaan sistem dalam komputer agar berjalan dengan stabil serta efisien. Bidang ini juga meliputi manajemen sistem, pemahaman instalasi sistem operasi, keamanan sistem, dan backup maupun recovery.

Keempat bidang utama yang dipelajari dalam teknik komputer dan jaringan tersebut saling berkaitan satu sama lain sehingga lulusan bidang ilmu TKJ diharapkan mampu memenuhi keterampilan dan pengetahuan pada bidang informatika dan dapat berperan dalam industri yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Apa Saja Yang Dipelajari Di TKJ?

Program belajar jurusan TKJ, secara umum mempelajari tentang:

-       Perakitan perangkat komputer dan instalasi sistem operasi komputer

-       Komponen – komponen penyusun perangkat komputer dan jaringan

-       Jaringan atau networking, pemahaman referensi OSI, mempelajari TCP, mengatur alamat IP, membuat jaringan lokal dan jaringan server

-       Pemrograman situs atau website, rekayasa perangkat lunak, memahami HTML, PHP, CSS, dan mysql, dan lain - lain

Sejarah Teknik Komputer Dan Jaringan

Awal mula adanya program pembelajaran tentang teknik komputer dan jaringan ini berawal dari sebuah riset yang bernama ARPANET oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) tentang cara menghubungkan beberapa komputer yang dapat membentuk jaringan organik pada tahun 1969.

Di tahun 1970, riset berhasil menghubungkan lebih dari 10 jaringan komputer dan jaringan tersebut dapat melakukan komunikasi dalam satu jaringan.

Pada tahun 1973, jaringan komputer yang dikembangkan oleh ARPANET mulai meluas hingga ke luar Amerika Serikat hingga membentuk jaringan lebih dari 100 komputer yang tergabung dalam ARPANET. Hingga pada tahun 1987, jumlah komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut melonjak hingga sepuluh kali lipat dan melebihi 10.000 komputer.

Di tahun yang sama, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menghadirkan program studi Teknik Informatika di ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya yang menjadi sekolah tinggi pertama di Indonesia yang membuka program pendidikan di bidang teknik informatika.

Lalu, pada 1988, IRC atau Internet Relay Chat ditemukan dan diperkenalkan oleh Jarko Oikarinen yang berasal dari Finlandia. Tidak lama setelah itu, tepatnya kurang lebih satu tahun kemudian, lebih dari 100.000 komputer sudah terhubung satu sama lain dan membentuk satu jaringan.

Singkat cerita, di tahun 1990, Tim Berners Lee mengembangkan World Wide Web atau yang sering disebut WWW yang pada tahun 1992 jaringan yang terbentuk dari komputer yang saling terhubung tersebut melampaui satu juta komputer di seluruh dunia, dan pada tahun 1994, mulai tumbuh dan dikembangkannya situs-situs alamat world wide web serta virtual shopping, dan lain – lain.

Manfaat TKJ Dalam Kehidupan

TKJ atau teknik komputer dan jaringan memiliki manfaat dalam kehidupan sehari – hari, terutama dalam industri modern yang mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi. Manfaat dari TKJ dalam kehidupan sehari – hari, antara lain:

1. Membantu pengembangan sistem komputer dan jaringan

TKJ memiliki peran yang penting dalam pengembangan sistem komputer dan jaringan yang digunakan dalam berbagai industri, seperti bisnis, pendidikan, institusi, dan juga pemerintahan.

2. Meningkatkan produktivitas secara efisien

Pengembangan teknik komputer dan jaringan di berbagai industri seperti bisnis, pendidikan, institusi, maupun pemerintahan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran yang penting dalam membuat industri tersebut mengotomatisasi tugas – tugas rutin, memudahkan akses informasi dan aksesibilitas, sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien dan produktivitas meningkat.

3. Meningkatkan keamanan data

TKJ yang memiliki bidang pembelajaran tentang keamanan data, enkripsi data, dan implementasi kebijakan keamanan, memiliki fungsi dalam sebuah industri yang mengutamakan manajemen dan pengolahan data.

4. Pengembangan aplikasi atau software dan game

TKJ dapat memenuhi kebutuhan akan masyarakat modern yang bergantung pada kemajuan teknologi digital dan gawai, melalui pengembangan aplikasi yang dapat membantu memudahkan berbagai urusan, serta pengembangan game yang menjadi minat masyarakat modern di era digital saat ini.

5. Memberikan kemudahan dalam akses informasi yang cepat dan komunikasi yang efisien

TKJ dapat membantu memberikan kemudahan akan akses informasi dari mana pun dan kapan pun serta komunikasi antar jaringan melalui pengembangan sistem komputer dan jaringan.

6. Meningkatkan daya saing individu

Kemajuan teknologi saat ini menuntut keahlian di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi sehingga TKJ dapat memenuhi tuntutan akan persaingan global yang secara langsung dapat membantu perekonomian digital yang terus berkembang.

7. Menyediakan peluang karir

Kebutuhan akan ahli teknologi informatika di segala bidang industri secara langsung membuat terbukanya peluang karir dari TKJ di segala bidang industri, mulai dari, ekonomi, perbankan, industri bisnis, telekomunikasi, dan bahkan pemerintahan.

Itulah pembahasan tentang mengenal lebih jauh akan pengertian, bidang yang dipelajari, sejarah, dan fungsi serta manfaat dari teknik komputer dan jaringan. 

Mengenal Teknik Komputer dan Jaringan tekno
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar