Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Cek Power Supply Komputer dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Power Supply Komputer dengan Mudah dan Cepat 

Power Supply adalah komponen komputer yang berfungsi menyuplay daya ke komponen-komponen komuter seperti hardisk, motherboard, dvd room, dll, sehingga jika Power Supply mengalami masalah maka semua komponen komputer juga akan mengalami masalah. Masalah seperti komputer mati meskipun sudah menekan tombol power berkali-kali. Jika sobat mengalami masalah seperti itu, bisa jadi power supply sobat mengalami kerusakan.

Power supply ada 2 maacam yaitu jenis ATX komputer dan AT komputer, kedua jenis fungsi power supply tersebut fungsinya sama yaitu memberikan daya untuk komponen komputer yang lain. Untuk mengetahui power supply apakah rusak atau tidak sobat bisa menggunakan trik di bawah ini.

Pada dasarnya konektor power supply sangat banyak sekali, 20 pin sampai 24 pin, oke langsung saja kita simak tutorial berikut ini :

1. Siapkan Power Supply yang akan di cek

Tentunya sobat, harus menyiapkan power supply yang akan di cek terlebih dahulu, kemudian lepaskan kabel keluaran dari power supply yang terhubung ke motherboard, hardisk, dvd dll.

2. Siapkan Klip Kertas atau kabel pendek

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan klip kertas yang kecil kemudian di tekuk atau kabel pendek yang kedua ujungnya di kupas kemudian di tekuk juga, mungkin sobat bertanya-tanya emang buat apa sih...nanti sobat tau pada langkah berikutnya

3. Cari Kabel Warna Hijau dan Hitam

Cara cek power supply tanpa motherboard berikutnya adalah sobat cari kabel berwarna hijau dan hitam pada kabel keluaran power supply. Kenapa harus kabel hijau dan hitam? kabel hijau ini adalah kabel PS On (Power Supply On) yang akan memberitahukan kepada motherboard bahwa power supply dinyalakan. Sedangkan kabel hitam adalah kabel ground. 

4. Hubungkan Kabel Warna Hijau dan Hitam 

Nah, langkah kali ini sanagat penting yaitu hubungkan kabel hijau dan hitam tadi dengan meggunakan klip kertas atau kabel pendek tadi yang sudah sobat siapkan. Prinsip kerjanaya yaitu power supply akan aktif jika aliran daya PS On di hubungkan dengan ground. Nah, Fungsi klik kertas tau kabel pada langkah ini adalah sebagai jumper untuk menggantikan koneksi antara kabel hijau dan kabel hitam pada motherboard.


5. Hubungkan kabel power ke stop kontak

Setelah di jumper pada langkaah no 4 selanjutnya hubungkan kabel power ke stop kontak yang ada aliran listriknya. Jika tidak ada aliran listriknya sampai kapanpun tidak bisa menyala, hehehe

6. Perhatikan Kipas di dalam Power Supply

Cara cek power supply tanpa motherboard berikutnya adalah cek kipas dalam power suply, jika kipas power suply berputar maka power suply tersebut hidup. 

Meskipun kipas berputar bukan berarti power suply tersebut dalam kondisi bagus, jika sobat mengalami kipas power supply berputar tapi namun komputer tidak menyala kemungkinan power supply sobat ngedrop. Maksudnya, aliran listrik dari power supply ke motherboard tidak cukup menyuplai ke komponen-komponen lain.

Tanda - tanda Power Supply Ngedrop

1. Komputer Sering nge - hang
2. Usb port tidak berfungsi
3. Komputer sering Restart
4. Komputer menyala dan hardisk tidak ke detek di Bios

7. Cek dengan Multimeter

Langkah ke 7 cek dengan Multimeter jika power supply ngedrop, jika ada komponen power suply yang rusak maka ganti lah komponen tersebut.
Sekian artikel pada kali ini, semoga bermanfaat sobat





Cara Cek Power Supply Komputer dengan Mudah dan Cepat Tutorial
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar