Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek STNK Online Dengan Cepat

Cara Cek STNK Online Dengan Cepat

Dengan berkembangnya teknologi informasi sekarang ini, banyak sekali kegiatan yang sudah dimudahkan dengan cara online. Salah satunya adalah cara cek stnk online, nah bagi kamu yang hobi dengan otomotif pasti sudah tidak asing lagi dengan STNK. Sekarang ketika ingin membeli kendaraan second atau tangan kedua dapat dengan mudah untuk mengecek detail dari STNK kendaraan tersebut. Cara cek nya pun bisa melalui ponsel maupun PC.

Mengecek online STNK akan memberikan informasi mengenai detail dari kendaraan mulai dari pemilik, nomor rangka, nomor mesin, tahun pembuatan, info bahan bakar, warna kendaraan hingga biaya pajak tahunan. Karena akan langsung terhubung dengan server E-Samsat Polri.

Cara Cek STNK Online Melalui Ponsel

Cara cek STNK online sedikit berbeda di tiap-tiap daerah. Ada yang melalui internet ada juga yang lewat jalur sms. Syarat yang umum digunakan untuk pengecekan STNK secara online adalah nomor polisi kendaraan bermotor (nomor plat), terkadang juga memerlukan 5 digit nomor rangka maupun nomor mesin.

Untuk mengecek melalui internet karena masing masing daerah mempunyai alamat yang berbeda-beda sebagai contoh jika ingin mengecek STNK daerah Jakarta bisa mengunjungi link https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ . Berbeda lagi jika ingin mengecek untuk daerah Jawa Timur bisa mengunjungi link https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb.

Kamu hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan (nomor plat) dan kode capcha saja nanti akan muncul detail dari kendaraan itu. Dalam detail yang muncul ini akan ada rincian biaya pajak tahunan yang harus dibayarkan hingga biaya tambahan untuk pajak lima tahunan dan biaya untuk balik nama.

Selain hanya untuk mengecek kamu juga bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online. Caranya bisa melalui aplikasi android maupun ios dengan mendownloadnya dahulu sesuai daerah masing-masing. Kamu bisa langsung mencarinya di playstore untuk android dan app store untuk pengguna ios. Biasanya akan dibutuhkan juga nomor nik dari pemilik nama di stnk itu untuk melakukan pembayaran.

Proses pembayaran pajak kendaraan secara online ini dengan melakukan transfer ke nomor rekening yang diberikan sesuai detail pembayaran. Pada umumnya akan bekerja sama dengan bank bank lokal daerah masing-masing. Pastikan dalam proses transfer pembayaran seudah sesuai dengan nomor rekening tujuan dan nominal yang harus dibayar. Setelah selesai dalam pembayaran tunggu sebentar hingga pembayaran di konfirmasi.

Jika pembayaran sudah dikonfirmasi kamu akan menerima sms yang berisi bukti pembayaran dan mendapatkan id pengesahan serta link untuk mendapatkan bukti pembayaran pajak. Kamu hanya perlu mengesahkan ke samsat terdekat dengan membawa bukti pembayaran tadi. Akan tetapi untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan dahulu ke petugas yang di lokasi.

Cara Cek STNK Online Melalui PC atau Laptop

cara cek stnk online lewat pc ini sama dengan pengecekan melalui ponsel. Langkah-langkahnya juga sama. Hanya saja jika di pc hanya bisa melalui website secara langsung tanpa menggunakan aplikasi lagi. Untuk lebih mudahnya bisa langsung mencari di google sesuai daerah masing masing. Kamu hanya perlu menyiapkan nomor plat kendaraan atau nomor polisi saja. Akan tetapi di beberapa daerah masih harus memasukkan kode capcha dan 5 digit nomor rangka.

Sedangkan untuk pembayaran pajak secara online alternatifnya bisa menggunakan ecomerce tokopedia. Persyaratannya pun juga sama seperti pembayaran pajak sepeda motor secara online lainnya. Mulai dari Nomor Polisi (nomor plat), NIK pemilik sesuai yang tertera di STNK, nomor rangka atau nomor mesin kendaraan. Pembayarannya pun juga atas nama tokopedia. Nanti bukti pembayaran akan dikirimkan sesuai nomor telepon atau email yang terdaftar di tokopedia tadi.

 

Posting Komentar untuk "Cara Cek STNK Online Dengan Cepat"