Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

8 Marketplace Online Terpercaya di Indonesia

Marketplace Online Terpercaya di Indonesia

Tempat belanja online atau marketplace bertumbuh sangat pesat sejak terjadinya pandemi. Sehingga masyarakat memilih untuk berbelanja secara online daripada berkerumun di pasar tradisional ataupun swalayan. Namun, sebagai konsumen cerdas, akan lebih baik jika mengetahui marketplace mana yang memang memberikan keamanan terhadap penggunanya.

Marketplace online terpercaya di Indonesia telah digunakan oleh banyak pengguna, seperti brand lokal, UMKM, bahkan brand besar yang memang mengetahui keunggulannya. Hal ini karena kesadaran  bahwa konsumen suka menggunakan marketplace untuk tempat berbelanja. Selain karena mengetahui letak barang atau produk yang dijual, minat konsumen juga didasarkan pada biaya ongkos kirim nantinya, yang tentu lebih murah, jika barang yang diinginkan berada dekat dengan tempat tinggal.

Marketplace online ini dapat Anda telusuri melalui situs website ataupun pengembang aplikasi, yang bisa diunduh melalui Play Store. Sehingga berbelanja bisa semakin mudah, bisa melihat harga produk yang diinginkan, kemudian melakukan pembayaran, serta mengetahui biaya ongkir ke tempat Anda. Namun, demi menghindari kerugian, sebaiknya Anda memang mengetahui marketplace yang terpercaya, sudah digunakan oleh banyak pengguna dan mendapatkan testimoni yang sangat bagus. Maka berikut data marketplace aman yang dilansir dari iPrice.

8 Marketplace online di Indonesia

Saat ini banyak sekali marketplace yang ada di Indonesia. Namun, yang terpercaya telah kami rangkum sebagai berikut.

1. Shopee

Sejak diluncurkannya Shopee COD atau layanan bisa bayar di tempat, Shopee menjadi salah satu marketplace online yang banyak digunakan oleh pengguna aplikasi. Marketplace yang awalnya didirikan di Singapura ini, ternyata sudah digunakan oleh jutaan pengguna. Faktanya banyak orang menyukai Shopee sebagai pasar untuk jual beli secara online, karena memang harga yang ditawarkan cenderung murah daripada di situs lain.

Produk yang dijual di Shopee pun beragam dan populer. Seperti produk kecantikan, fashion, hingga peralatan rumah tangga, beserta pernak-perniknya. Untuk kelebihan dari Shopee adalah penjual bisa menggunakan berbagai fiturnya, seperti asisten penjual, shopee live, chat bot, dan lain sebagainya.

2. Tokopedia

Di tahun 2021 Tokopedia bahkan menjadi marketplace online nomor 1 dengan paling banyak pengguna. Tokopedia dipilih oleh konsumen karena banyak pilihan produk yang disediakan di situs ini. Kelebihan Tokopedia adalah menyediakan produk elektronik yang beragam, di samping juga banyak sekali produk dan merek fashion yang dijual di Tokped, selain itu berbagai jenis makanan yang bisa dibeli menggunakan Tokopedia.

Untuk jumlah merchant dan keuntungan untuk penjual, pelapak bisa mengetahui siapa saja yang menjual produk sama dengan dirinya di Tokopedia. Awalnya Tokopedia memang adalah UMKM yang menjangkau lebih banyak pasar karena Indonesia memang negara berkembang dan sebagian penduduknya sebagian besar penduduknya masih dalam kelas ekonomi menengah. Penjual yang menggunakan Tokopedia untuk menjajakan dagangannya dimudahkan dengan berbagai fitur seperti  broadcast chat, promosi, daftar statistik toko, dan pinjaman untuk penjual yang kekurangan modal. Maka tak salah Tokopedia banyak diminati baik oleh penjual maupun pembeli.

3. Bukalapak

Bukalapak menjadi salah satu marketplace online yang diminati di Indonesia banyak sekali penjual yang melapak dagangannya menggunakan Bukalapak marketplace ini berdiri pada tahun 2010 niat awal didirikan adalah untuk menyediakan pasar online bagi pelaku UMKM yang berada di wilayah Indonesia namun saat ini ternyata Bukalapak sudah menyediakan berbagai macam dagangan yang dengan kualitas produk. Konsumen suka sekali menggunakan Bukalapak karena harga murah yang ditawarkan melalui platform jual beli online ini selain produknya yang beragam dari fashion keperluan untuk hobi sampai produk elektronik dijual di Bukalapak. Sementara dari sisi penjual Bukalapak termasuk sangat menguntungkan karena disediakan data traffic untuk mengetahui ragam apa saja yang produknya sama dengan penjual fiturnya adalah bisa untuk memantau pantau saingan dan inventaris barang.

4. Lazada

Lazada aku juga termasuk ke dalam marketplace online yang terpercaya. Menurut sejarah, perusahaan Alibaba Group membentuk Lazada untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kini pasar Lazada sudah merambah di Indonesia. Selanjutnya Lazada dipilih oleh konsumen Indonesia karena memiliki reputasi yang sangat baik, serta harga produk yang terjangkau, lebih murah daripada membeli di tempat lain.

Sementara untuk produk yang dijual dan paling banyak diminati di pasar online Lazada adalah seperti produk fashion, juga elektronik yang memang melimpah pun beragam dijual di Lazada. Perlu diketahui bahwa Lazada memiliki akun media sosial yang paling banyak dikunjungi, yaitu Facebook, jika dibandingkan dengan marketplace online lainnya.

5. Blibli

Blibli adalah marketplace online terpercaya yang ada di Indonesia. Blibli sendiri merupakan merupakan pasar online yang didirikan yang dimiliki oleh PT Djarum Group. Blibli dipilih oleh konsumen, juga karena memiliki reputasi baik, keunggulan produk yang unik dan asli atau autentik, sehingga konsumen merasa puas dan menjadikan marketplace blibli ini terpercaya.

6. Orami 

Marketplace online dengan tema parenting adalah Orami. Setidaknya jutaan pengunjung mengunjungi marketplace Orami. Secara ringkas Orami memiliki target pasar untuk menjangkau para ibu hamil dan orang tua. Tentunya sesuai dengan tema parenting tadi, yaitu untuk menyediakan berbagai kebutuhan dalam mengasuh anak.

Perlu diketahui kalau Orami menerapkan sebuah fokus bisnis bernama inventory. Sedikit berbeda dengan marketplace lain, yang di mana penjual dan pembeli bisa melakukan chatting menggunakan aplikasi. Namun di marketplace Orami, yang menjual barang adalah pemilik Orami  sendiri, yaitu transaksi dilakukan oleh pembeli langsung ke Orami. Sementara Orami memasok barang dari penjual. Untuk barang yang dijual di marketplace Orami adalah seputar peralatan atau berbagai perabot kamar bayi, keperluan para ibu hamil, hingga apa saja yang dibutuhkan untuk perawatan bayi dan anak, bahkan berbagai jenis mainan edukasi juga dijual di Orami dan masih banyak lagi lainnya.

 7. Ralali

Ralali juga menjadi salah satu marketplace online yang terpercaya oleh konsumen di Indonesia. Marketplace ini dikunjungi oleh jutaan pengguna, karena produk yang dijual cukup beragam. Seperti untuk bahan bangunan, keperluan Horeca, ATK kantor elektronik kecantikan fashion dan sebagainya. Keuntungan jika penjual melapak dagangannya di Ralali adalah mendapatkan berbagai fitur kemudahan, seperti bantuan modal untuk penjual, daftar permintaan harga, penghubung merk pada distributor, layanan logistik dan sebagainya.

8. JD.ID

Jd.id juga merupakan marketplace online yang terpercaya dan sempat dipromosikan di layar kaca. Jd.iD pertama kali di beroperasi sejak November 2015 dan setiap bulan, jutaan pengunjung mengunjungi marketplace ini. Konsumen sangat menyukai berbelanja menggunakan jd.id. kepuasan konsumen itu seperti barang yang dijual berkualitas bagus dan authentic, serta kerap diadakannya ongkir gratis untuk barang yang dijual. Contoh produk yang dijual di Jd.id adalah produk elektronik, baju-baju brand, makanan, dan sebagainya.

Demikian ulasan mengenai marketplace terpercaya yang ada di Indonesia. Jutaan pengguna marketplace itu mengaku puas, baik itu penjual maupun pembeli. Mereka  menggunakan  marketplace di atas dan dapat saling menguntungkan.  Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda, untuk menentukan marketplace mana yang cocok untuk Anda gunakan.  

8 Marketplace Online Terpercaya di Indonesia tekno
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar