Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dampak Positif dan Negatif TikTok Bagi Pengguna

Dampak Positif dan Negatif TikTok Bagi Pengguna

Di era teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, semuanya dapat diselesaikan dengan cara praktis. Teknologi informasi dan komunikasi berguna untuk memfasilitasi semua aspek kehidupan manusia. Seperti halnya TikTok yang berfungsi untuk mendapatkan banyak informasi hanya melalui aplikasi.

Dunia informasi sekarang seolah-olah tidak lepas dari teknologi. Di era modern ini, teknologi dan komunikasi yang canggih telah digunakan oleh semua orang di dunia, seperti ponsel, keberadaan internet dan gadget telah digunakan mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua.

Dan sekarang, ada aplikasi yang booming, yaitu aplikasi Tiktok asli dari negara China. Aplikasi Tiktok ini adalah aplikasi untuk membuat video pendek yang berdurasi 15 hingga 60 detik, aplikasi tersebut memiliki musik dan fitur lainnya. Tetapi aplikasi ini juga memiliki beberapa dampak negatif dan positif yang harus diketahui oleh para pengguna.

Dampak Positif Bermain TikTok

Aplikasi TikTok yang berasal dari China ini merupakan aplikasi untuk membuat video pendek yang dilengkapi fitur, music dan lainnya. Dan saat ini aplikasi tersebut sedang booming di Indonesia. Adapun beberapa dampak positif dari aplikasi Tiktok adalah sebagai berikut:

1. Untuk Update Berita

Di Tiktok sendiri kita dapat melihat berbagai macam berita yang telah disajikan semenarik mungkin, dapat berolahraga dan jogging dengan music yang telah ada, dapat memiliki teman di luar, dapat menjadi media pendidikan juga dengan beberapa video yang bagus.

Selain itu dari aplikasi Tiktok kita juga dapat mempelajari cara mengedit video dengan bagus dan menarik.

2. Memperoleh Pendidikan atau Pengetahuan yang Luas

Dengan menggunakan aplikasi Tiktok, setiap orang dapat mempelajari banyak hal baru dari konten yang berasal dari video pendek dan teks yang ditampilkan, sehingga orang yang malas membaca teks panjang akan lebih tertarik mendengarkan video, karena Tiktok memiliki tampilan yang menarik dan unik.

3. Sarana Berolahraga

Dengan adanya aplikasi ini tubuh menjadi banyak gerak. Karena aplikasi Tiktok sebagian besar kontennya berupa olahraga dan jogging, yaitu dengan iringan lagu dan musik hal ini membuat semua orang yang hanya di rumah selama periode pandemi menjadi rajin bergerak dan bisa menjadi media hiburan dan mengatasi stres.

4. Pengembangan Inovasi, Pengetahuan, dan Keterampilan

Dalam membuat konten yang menarik, keahlian kreativitas dan inovasi diperlukan dengan mempelajari dan mengembangkan keterampilan. Hal ini dapat meningkatkan berbagai keterampilan dan inovasi. Pasalnya, melalui aplikasi Tiktok orang mulai nyaman  menunjukkan bakat atau kemampuan yang dituangkan dalam konten Tiktok.

5. Melatih Kepercayaan Diri

Aplikasi TikTok mampu melatih kepercayaan diri seseorang. Pengguna aplikasi tersebut sangat antusias bersaing muncul di depan umum. Konten yang ditampilkan membuat semua orang ingin menampilkan hal terbaik untuk ditonton audiens yang luas.

6. Menambah Teman dan Penghasilan

Konten viral yang dihadirkan Tiktok sangat berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi yang dihasilkan, seperti meningkatnya teman-teman akan menambah hubungan setiap orang. Aplikasi Tiktok juga dapat menjadi sumber pendapatan ekonomi seseorang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dampak Negatif Bermain Tiktok

Setelah dijelaskan beberapa dampak positif aplikasi   Kita sebagai pengguna juga harus mengetahui dam pak negative dari aplikasi tersebut, dibawah ini simak beberapa dampak negative dari aplikasi TikTok

1. Banyak Konten 18+

Dalam aplikasi TikTok pengguna tidak hanya usia 17 tahun ke atas, karena sekarang Tiktok adalah aplikasi dengan unduhan tertinggi untuk 2020.  Jadi, tidak ada batas bagi pengguna Tiktok sendiri. Hal ini tentu butuh penanganan khusus terkait penyaringan konten yang mestinya ada pada aplikasi tiktok.

Agar anak dibawah umur mendapatkan konten yang semestinya, sehingga konsumsi konten bisa tertarget dan memberi manfaat lebih bagi pengguna.

2. Anak-anak dan Remaja Kecanduan Bermain Gadget

Anak-anak dan remaja yang menggunakan aplikasi TikTok lupa dalam belajar. Hal ini di sebabkan mereka telah kecanduan dengan gadget. Dan bahkan mereka jarang membantu orang tua di rumah. Mereka lebih cenderung tertutup dan jarang bersosialisai.

3. Terdapat Video yang Tidak Pantas

Keberadaan video yang tidak pantas untuk ditampilkan untuk remaja dan anak-anak. Seperti yang kita ketahui sekarang ada individu yang tidak bertanggung jawab membuat video yang mengkhianati agama seperti menghina Nabi Muhammad S.A.W. dan yang lainnya hanya karena mereka ingin menjadi terkenal atau viral.

4. Membuat Seseorang menjadi Sindrom

Aplikasi ini juga dapat membuat seseorang menjadi sindrom Tiktok ini dapat membahayakan diri mereka sendiri. Sindrom Tiktok ini dapat membuat mereka memindahkan tubuh mereka sendiri tanpa menyadarinya

5. Rasa Narsis Makin Meningkat

Asset penting dalam sebuah media sosial adalah like, share dan komen. Seperti halnya aplikasi-aplikasi ang sudah terdahulu, dan sekarang ini terjadi pada aplikasi TikTok. Tidak heran remaja Indonesia bersedia melakukan banyak hal untuk mendapatkan like, komen yang fantastis.

Oleh karena itu, banyak unggahan yang merusak moral anak-anak karena aplikasi Tiktok tidak memilah video yg layak untuk diunggah. Misalnya, seorang wanita yang menari dengan hal-hal erotis yang berbau pornografi.

6. Rasa Malu yang Telah Hilang

Seseorang yang memiliki aplikasi Tiktok Vidio akan berlaku tidak punya malu. Dengan adanya tiktok seseorang akan bergoyang dan berjoget sesuai dengan keinginannya, tanpa memikirkan pantas atau tidaknya.

Dan jika ini terjadi pada anak sekolah, maka pendidikan karakter yang telah diberikan oleh sekolah kepada murid-muridnya tampaknya tidak berfungsi untuk karakter moral, etis dan mulia.

7. Boros Waktu

Penggunaan Tiktok yang semakin meningkat dapat memengaruhi manajemen waktu jika tidak diatur dengan baik. Banyak dari mereka terlalu fokus melihat dan membuat konten yang selalu muncul di Tiktok, tanpa memperhitungkan akan membuang waktu dengan sia-sia. Jadi pekerjaan yang seharusnya wajib dilakukan menjadi tertunda.

8. Onset Tipuan

Gaya dan informasi yang didistribusikan oleh setiap individu dalam aplikasi TikTok ini dapat dengan mudah menyebabkan tipuan karena tidak jelas sumber dan validitas konsekuensinya, jumlah informasi belum diketahui.

9. Pembanding Kehidupan

TikTok dapat memicu untuk membandingkan kehidupan sosial dan ekonomi di masyarakat. Keberadaan konten yang menunjukkan perbedaan dalam kehidupan sosial dan ekonomi membuat Tiktok sebagai media untuk menunjukkan perbedaan dalam status di masyarakat, yang dapat menyebabkan kecemburuan sosial kepada sebagian orang.

Solusi Agar Tidak Kecanduan Bermain Tiktok

1.    Pergi bersosialisasi atau berinteraksi dengan keluarga atau orang lain agar tidak menjadi individualis dan bisa membaur dengan masyarakat yang lain.

2.      Batasi diri anda dalam hal memegang ponsel atau membuat jadwal dengan memberikan peringatan atau alarm pada ponsel anda.

3.      Cari kegiatan baru atau hobi baru selain memegang ponsel.

Dari atas kita sudah bicara tentang dampak positif dan negatif dari aplikasi yang viral di Indonesia yaitu aplikasi TikTok, meskipun masyarakat berpikir lebih positif dibandingkan downside, tetapi kita tidak bisa menyalahkan perkembangan teknologi saat ini.

Posting Komentar untuk "Dampak Positif dan Negatif TikTok Bagi Pengguna"