Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Menampilkan Barcode Wifi pada HP Samsung

Android saat ini terus dikembangkan sehingga banyak sekali fitur yang terdapat di dalamnya. Salah satunya mulai adalah barcode WiFi yang bisa diakses oleh perangkat manapun. Terlebih pada HP Samsung, tentunya pengguna perlu tahu bagaimana cara menampilkan barcode WiFi secara mudah dan tepat.

Untuk melihat scan barcode WiFi tidak terlalu sulit. Pengguna hanya perlu melihat informasi dari WiFi tersebut. Nantinya barcode tersebut secara otomatis akan muncul dengan sendirinya. Supaya lebih jelasnya pengguna bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Cara Manual Dengan Menyiapkan 2 HP

Untuk dapat melakukan sharing WiFi, pengguna perlu menyiapkan 2 perangkat. Perangkat pertama harus sudah terhubung ke jaringan WiFi dan begitu pula perangkat kedua belum terhubung ke WiFi. 

Nantinya pengguna akan dipilihkan oleh dua pilihan yaitu berbagi koneksi jaringan. Dua pilihan yaitu dengan menggunakan NFC atau dengan menggunakan barcode kode QR. Dalam hal ini, penggunanya biasanya banyak yang menggunakan barcode kode QR. 

Jika sudah muncul 2 opsi yaitu NFC atau QR, pengguna pilih opsi QR untuk mempermudah proses. Kemudian nantinya akan muncul beberapa tab yang harus pengguna isi mulai dari SSID hingga security dan kata sandi.

Mengapa pengguna diarahkan untuk memakai kode QR saja ketimbang memakai NFC? Karena jika menggunakan NFC cara yang akan disusun cukup rumit. Jadi, alangkah baiknya jika menggunakan kode QR saja guna untuk mempersingkat proses.

Inilah mengapa memerlukan dua perangkat. Jika menggunakan satu perangkat saja proses tidak akan berjalan secara maksimal. Proses ini memang harus memerlukan dua perangkat atau dua ponsel sebagai cara menampilkan barcode WiFi pada perangkat pengguna.

Menggunakan Aplikasi InstaWiFi

Dengan menggunakan aplikasi InstaWiFi, tentunya pengguna bisa menampilkan barcode WiFi. Namun pengguna harus memastikan dulu apakah ponsel sudah menginstal aplikasi ini. Pastikan juga salah satu Android pengguna sudah terhubung ke WiFi. Begini langkah-langkah selanjutnya bisa diikuti:

  • Pertama, pengguna dapat membuka aplikasi InstaWiFi yang telah terinstal di Android.

  • Jika pengguna sudah berhasil mendownload aplikasi ini, maka pastikan jika perangkat pada HP Samsung sudah terhubung.

  • Jika sudah membuka aplikasi ini pastinya pengguna akan diberikan opsi ingin berbagi melalui NFC atau barcode QR.

  • Langkah berikutnya, isi SSID dan security sesuai dengan jaringan WiFi yang sedang pengguna gunakan. Hal ini berlaku apabila Android Samsung belum dilepas atau dicopot. Jika sudah dicopot tidak akan berpengaruh walaupun sudah mengisi SSID dan Security pada jaringan WiFi.

  • Pada Hp Samsung satunya yang tidak terhubung oleh WiFi bisa membuka menu barcode scanner untuk mendapatkan sandi tersebut. Nantinya akan muncul sebuah permintaan untuk segera scan kode QR.

  • Jika cara di atas sudah dilakukan, baru arahkan kamera yang belum terhubung dengan WiFi pada QR yang sudah terkoneksi oleh WiFi. Nantinya secara otomatis akan terlihat rincian informasi mengenai seputar jaringan hingga SSID dan Security.

InstaWiFi ini sudah ada di Google Play Store, pengguna bisa mengunduhnya secara cepat dan mudah. Menggunakan aplikasi ini bisa dibilang sebuah solusi bagi yang tidak dapat menampilkan barcode dengan cara manual. Pengguna pemula pun bisa melakukannya tanpa mengalami kesulitan.

Nah itulah cara menampilkan barcode WiFi yang bisa pengguna gunakan dengan mudah. Di sini memakai HP Samsung untuk proses menampilkan barcode WiFi. Karena kebanyakan para penggunanya menggunakan Samsung. Bisa dibilang tingkat keberhasilannya cukup tinggi.

 

Android Cara Menampilkan Barcode Wifi pada HP Samsung Tutorial
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar