Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Perbedaan SSD dan HDD Mana yang Lebih Baik

Perbedaan SSD dan HDD

Perkembangan teknologi sekarang semakin pesat, seperti media penyimpanan komputer solid state drive atau lebih dikenal dengan SSD. Sebagaimana yang kita ketahui media penyimpanan komputer atau laptop mayoritas masih menggunakan Hdd, sehingga munculnya SSD menimbulkan pertanyaan baru terkait perbedaan SSD dan HDD.


Apa itu SSD?

SSD atau solid state drive merupakan media penyimpanan yang lebih handal serta lebih tahan goncangan ketika dibawa bepergian. Data yang di simpan dalam SSD relatif lebih aman. Nah agar lebih jelas mengenai SSD mari langsung saja kita simak beberapa point yang membedakan antara SSD dan HDD.

Perbedaan SSD dan HDD

  •  Perbedaan Cara kerja

Cara kerja SSD dan HDD merupakan perbedaan paling mendasar, cara kerja SSD seperti transfer data pada microSD, Ram, USB flashdisk, sedangkan cara kerja HDD menyerupai disket.

  • Perbedaan kecepatan baca dan tulis data

SSD mempunyai kecepatan baca dan menulis hingga 18 kali lebih cepat di banding  HDD, oleh sebab itu sekarang pengguna Hdd lebih baik upgrade ke Ssd

  • Perbedaan bentuk dan ukuran

Untuk media penyimpanan SSD memiliki ukuran lebih kecil daripada HDD, sekarang ini ada 3 tipe  SSD yang umum digunakan :

1. SSD 2,5 inch

2. SSD M.2

3. SSD NVMe

  • Perbedaan SSD dan HDD dari segi komponen

SSD terdiri dari micro chip, IC, sedangkan HDD terdiri dari piringan cakram yang berputar ketika di gunakan

  • Perbedaan SSD dan HDD dari segi fragmentasi

Fragmentasi merupakan istilah ruang kosong yang di sebabkan pengahapusan, perubahan pada data. Pada awalnya ketika menyimpan data pada HDD akan tersusun secara otomatis, akan tetapi seiring berjalannya waktu susunan data tersebut akan berantakan yang berakibat adanya perubahan data, itu bisa menyebabkan kinerja HDD semakin menurun, tapi itu tidak akan pernah terjadi pada media penyimpanan SSD.

  • Perbedaan harga SSD dan HDD

Karena masih tergolong teknologi baru, SSD memiliki harga yang jauh lebih mahal di banding dengan harga HDD.

  • Perbedaan efek yang di timbulkan oleh SSD dan HDD

SSD tidak mudah cepat panas, lebih pelan karena tidak ada komponen yang bergerak. Berbeda dengan para pengguna laptop atau komputer yang mempunyai media penyimpanan hardisk sudah tidak asing lagi dengan suara berisik.

Kesimpulan

Menggunakan media penyimpanan SSD pada komputer atau laptop sangat di rekomendasikan karena kinerja lebih cepat dan lebih tahan dari goncangan ketika perngkat dibawa bepergian

Komputer Laptop
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar