Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

 Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Ini adalah akhir dari usaha yang dimudahkah Allah Yang Maha Bersyukur dalam menyebutkan doa-doa dari sebagian hari-hari dari sebagian besar bulan-bulan dalam setahun, yaitu yang saya ketahui dan saya lihat.

Maka barangsiapa yang menemukan doa-doa dan faedah-faedah yang berkaitan dengan yang kami sebutkan, hendaklah ia menambahkannya supaya mendapat pahala di sisi Allah, karena tujuannya adalah memberi manfaat kepada saudara-saudara kita kaum muslimin dan sampainya kebaikan kepada kaum muslimin.

Mudah-mudahan Allah memberiku manfaat dengannya di dunia dan akhirat dan menghimpun aku dalam golongan pemimpin dunia dan akhirat Nabi Muhammad SAW. Semoga Allah menambahinya dengan keutaman dan kemuliaan di sisi-Nya.

Selanjutnya Doa ini dibaca tiga kali, Maka syaitan berkata: Kami telah dipayahkan olehnya sepanjang tahun dan ia telah merusak perbuatan kami dalam satu saat.

Inilah Bacaan Doa Akhir Tahun  yang dibaca pada hari akhir bulan Dzulhijjah setelah sholat Ashar, dibaca 3 kali, berikut doanya:

Bacaan Doa Akhir Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
 وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي السَّنَةِ الْمَاضِيَةِ وَلَمْ تَرْضَهُ ، وَنَسِيْتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ ، وَحَلُمْتَ عَنِّيْ مَعَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ ، وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَآءَتِيْ عَلَيْكَ. اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ مِنْهُ فَاغْفِرْلِيْ, اَللَّهُمَّ وَمَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ وَالْغُفْرَانَ فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ ، وَلَا تَقْطَعْ رَجَآئِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ.
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya :

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Semoga Allah selalu melimpahkan sholawat dan salam kepada Sayyidina Muhammad dan keluarga serta para sahabatnya.

Ya Allah, perbuatan yang aku lakukan dalam tahun yang lalu dan Engkau tidak meridhoinya dan aku melupakannya, sedang Engkau tidak melupakannya dan Engkau maafkan maafkan aku, padahal Engkau sanggup menghukumku dan Engkau serukan kepadaku agar aku bertaubat setelah aku berani kepada-Mu, ya Allah sesungguhnya aku mohon ampun kepada-Mu atas perbuatan itu. Maka ampunilah aku.

Ya Allah, perbuatan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala atasnya bagiku dan ampunan, maka terimalah itu dariku dan jangan putuskan harapan dari-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.

Wa shalllallahu ta’ala ‘ala Sayyidina Muhammadin wa ‘ala aalihi wa shahbihi wa sallam.”

Keterangan dari Kitab Kanzun Najah Was Surur

Bacaan Doa Awal Tahun

Awal Tahun - Bulan Muharram adalah bulan yang agung dan keutamaanya banyak dan luas. Muharram adalah bulan yang paling utama untuk puasa setelah Ramadhan, kemudian Rajab, Kemudian Zulhijjah, Zul qo’dah, dan Sya’ban.

Awal Tahun – Bulan Muharram adalah bulan Allah yang disucikan dan yang paling utama di antara bulan-bulan Haram dan yang ketiga dari tiga bulan Haram yang berturut-turut. Yang keempat dari bulan-bulan Haram adalah Rajab yang tunggal.

Al-Hafidz ibnu Hajar Rahimahullah menyebutkan: bahwa diriwayatkan dari Hafshah Radiyallahu ‘anha dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda:

 

مَنْ صَامَ آخَرَ يَوْمٍ مِنْ ذِي اْلحِجَّةِ وَأَوَّلَ يَوْمٍ مِنَ اْلمُحَرَّمِ

جَعَلَهُ اللهُ تَعَالَى لَهُ كَفَّارَةَ خَمْسِيْنَ سَنَةً, وَصَوْمُ يَوْمٍ مِنَ اْلمُحَرَّمِ بِصَوْمِ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا

“Barangsiapa berpuasa pada hari terakhir dari bulan Zulhijjah, dan hari pertama dari bulan Muharram, maka Allah Ta’ala menjadikan puasa itu baginya tebusan untuk lima puluh tahun. Sedangkan puasa sehari dari bulan Muharram sama dengan puasa 30 hari.”

Al-Gazali Rahimahullah berkata dalam kitab Al-Ihya’ dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda:

من صام ثلاثة أيام من شهر حرام الخميس والجمعة والسبت كتب الله تعالى له عبادة سبعمائة عام

“Barangsiapa berpuasa tiga hari dari bulan Haram, Yaitu kamis, jum’at, dan sabtu, maka Allah Ta’ala menetapkan baginya seperti ibadah 700 tahun.”

Doa Awal Tahun di bulan Muharram diriwayatkan dan kebaikannya banyak. Di antara yang saya temukan ialah pertama membaca sebelumkedua doa berikut:

Ayataul Kursi 360 kali desertai Basmalah dalam setiap kali, dan ketika selesai dari semua itu mengucapkan:

اللهم يَا مُحَوَّلِ اْلأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالِيْ إِلَى أَحْسَنِ اْلأَحْوَالِ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا مُتَعَالُ, وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

''Ya Allah, wahai Tuhan Yang sanggup mengubah-mengubah keadaan-keadaan, ubahlah keadaanku menjadi keadaan tarbaik dengan daya dan kekuatan-Mu. Wahai Tuhan yang Maha Perkasa, wahai Tuhan yang Maha Tinggi. Wa shalllallahu ta’ala ‘ala Sayyidina Muhammadin wa ‘ala aalihi wa shahbihi wa sallam.''

Setelah itu membaca doa awal tahun :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَمْلَأُ خَزَائِنَ اللهِ نُوْرًا ، وَتَكُوْنُ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ فَرَجًا وَفَرْحًا وَسُرُوْرًا ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. اَللَّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْعَمِيْمِ الْمُعَوَّلِ ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ ، أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ ، وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ ، وَالْاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa awal tahun ini dibaca sebanyak tiga kali. Setelah dibaca, maka setan akan berucap “Orang yang membaca doa ini telah meminta perlindungan sepanjang sisa umurnya. Dan dua malaikat telah dipercaya untuk menjaganya dari setan dan para pengikutnya.”

Twibbon Tahun Baru Islam 1443 H


Untuk membuatnya klik disini



Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Doa-Doa
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar