Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Rekomendasi Asuransi Kesehatan

Seberapa penting asuransi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat dan jenis serta rekomendasi asuransi kesehatan terbaik saat ini.

 

Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Rekomendasi Asuransi Kesehatan

Siapa sih yang tidak kenal yang namanya Asuransi? Saat ini sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang mendaftarkan diri pada berbagai macam asuransi, salah satunya asuransi Kesehatan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai asuransi, ada baik nya kamu tahu dulu pengertiannya.

Ya, asuransi ialah suatu perjanjian yang terbentuk antara pihak tertanggung dan pihak penanggung, dimana pihak tertanggung nantinya harus membayar iuran kepada pihak penanggung dengan nominal dan waktu tertentu.

Sedangkan pihak penanggung nantinya akan memberikan tanggungan ganti rugi apabila terjadi risiko tertentu sesuai dengan kesepakatan. Yang menjadi penanggung yaitu perusahaan asuransi. Sementara penanggung yaitu pemilik asuransi atau biasa disebut nasabah.

Di dalam asuransi terdapat 3 unsur, yakni polis, premi, dan klaim. Ketiganya memiliki pengertian yang berbeda-beda. Polis adalah sebuah dokumen yang di dalam nya berisi perjanjian antara dua belah pihak, biasanya terdapat manfaat, risiko, jumlah premi, dan lain sebagainya.

Nah, premi sendiri yaitu iuran yang harus dibayarkan oleh nasabah dengan jumlah dan waktu sesuai kesepakatan yang telah disetujui sebelumnya. Sedangkan klaim merupakan pengajuan resmi kepada penanggung / perusahaan pada saat risiko terjadi. Asuransi ini dapat digunakan untuk segala macam risiko yang sudah tertulis dalam polis.

Manfaat Asuransi

Untuk mengenal asuransi kesehatan lebih jauh, kamu perlu mengetahui dulu apa saja manfaat dari asuransi. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu ambil dari memiliki asuransi, diantaranya adalah sebagai tabungan dan investasi di masa yang akan datang dan memberikan perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Tak hanya itu, dengan rutin membayar premi asuransi juga membuatmu lebih pandai mengelola keuangan.

Dan yang paling penting adalah untuk meminimalisir kerugian. Apabila sewaktu-waktu kamu mengalami kejadian tidak terduga, asuransi tentu nya membantumu meminimalisir kerugian sehingga kebutuhanmu pada saat itu akan tetap terpenuhi dengan stabil.

Jenis-jenis Asuransi

Asuransi memiliki beberapa jenis yang pastinya bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Kira-kira ada asuransi apa saja ya? Berikut penjelasannya.

1. Asuransi Kesehatan

Yang pertama ialah asuransi kesehatan, ini termasuk salah satu asuransi yang banyak dimiliki masyarakat. Masyarakat sadar bahwa manusia tidak akan selamanya sehat, ada kalanya sakit dan membutuhkan biaya berobat.

Sesuai dengan namanya, asuransi jenis ini menangani berbagai masalah yang berkaitan dengan Kesehatan, seperti pengobatan, biaya rawat inap, biaya operasi, biaya perawatan, dan lain sebagainya.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jenis ini menangani risiko kematian. Beberapa jenis asuransi jiwa diantaranya adalah asuransi jiwa berjangka (Term Life Insurance), asuransi jiwa seumur hidup (Whole Life Insurance), asuransi jiwa dwiguna (Endowment Insurance), dan unit link.

Semua jenis asuransi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan yaitu asuransi yang memberikan perlindungan untuk biaya pendidikan anak. Selain hanya menjamin pendidikan anak, asuransi ini juga memberikan perlindungan jiwa bagi orang tua (pemegang asuransi). Itu dikarenakan asuransi ini merupakan perpaduan antara investasi juga produk asuransi jiwa berjangka.

Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik

Dari berbagai jenis asuransi di atas, hanya 1 yang akan kami bahas, yakni asuransi kesehatan. Berikut ini merupakan daftar asuransi terbaik di Indonesia

1. AXA Mandiri Smartcare Executive

AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi Kesehatan yang memberikan pilihan polis serta manfaat yang sangat lengkap, mulai dari asuransi rawat jalan, rawat inap, manfaat askes, bahkan juga memberikan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.

Tak hanya itu, AXA Mandiri Smartcare Executive juga memberikan santunan harian atas rawat inap di rumah sakit. Berikut beberapa manfaat lain dari perusahaan ini.

·         Memberikan santunan berupa uang tunai untuk pasien rawat inap di rumah sakit akibat sakit ataupun kecelakaan.

·         Bisa melakukan seleksi kesehatan sederhana, misal nya menjawab pertanyaan terkait kesehatan tanpa melakukan medical check-up.

·         Biaya premi asuransi AXA bisa dibayar bulanan hingga tahunan.

·         Santunan cacat tetap, kematian, serta pemakaman.

2. Lippo HealthPlus Family

Lippo HealthPlus Family juga termasuk salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang memberikan solusi untuk kebutuhan perlindungan kesehatan dengan biaya premi yang amat terjangkau, beberapa kelebihan dari perusahaan ini ialah sebagai berikut.

·         Nasabah yang bisa mendaftar mulai dari usia 0 sampai 60 tahun sehingga bisa menjamin kesehatan seseorang sejak usia dini.

·         Nasabah dapat memperpanjang polis sampai dengan 65 tahun.

·         Satu polis tidak digunakan untuk satu orang saja, melainkan bisa untuk satu keluarga.

·         Biaya rawat inap ditanggung sesuai dengan tagihan rumah sakit.

·         Limit manfaat tahunan mulai dari 150 sampai dengan 300 juta rupiah.

·         Bekerja sama dengan 884 rumah sakit yang tersebar di Indonesia.

3. BRI Life Dasatera

Perusahaan asuransi Kesehatan yang satu ini mempunyai kelebihan yang luar biasa, terutama bila dilihat dari biaya preminya. Ya, dengan biaya premi sebesar 55 ribu saja nasabah sudah bisa mendapatkan manfaat medis sekaligus jiwa. Beberapa keunggulan lain dari BRI Life Dasatera ialah sebagai berikut.

·         Santunan harian atas rawat inap sampai dengan 1.5 juta rupiah.

·         Memberikan manfaat santunan pembedahan.

·         Memberikan manfaat santunan duka.

·         Premi mulai dari 55 ribu rupiah.

·         Bisa mendapatkan manfaat medis dan jiwa sekaligus dalam satu polis.

·         Besar santunan harian ICU mencapai 3 juta rupiah.

·         Apabila tidak ada klaim / pengajuan selama 5 tahun, premi kembali 100 persen.

·         Penggunaan metode reimbursement dalam penggantian biaya rawat inap rumah sakit.

·         Perawatan rumah sakit maksimal selama 120 hari.

4. Prudential PRUPrime HealthCare Plus

Prudential juga salah satu perusahaan yang tidak kalah baik dengan perusahaan asuransi kesehatan terbaik lainnya. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1995. Berikut beberapa kelebihan dari PRUPrime HealthCare Plus.

  • Usia nasabah mulai dari 1 sampai 65 tahun.
  • Perpanjangan polis asuransi prudential bisa sampai 99 tahun.
  • Memberikan tanggungan biaya pendamping.
  • Tanggungan biaya kamar rumah sakit beserta akomodasi mencapai 10 juta per harinya.
  • Limit manfaat tahunan yang tersedia mencapai 65 miliar.
  • Polis asuransi bisa digunakan di negara manapun kecuali Amerika Serikat.

5. Simas Sehat Gold

Simas Sehat Gold merupakan suatu asuransi kesehatan dari Sinar Mas yang memberikan solusi untuk mengatasi risiko finansial yang mungkin terjadi akibat sakit, kecelakaan, atau pembedahan yang memerlukan biaya cukup besar. Keunggulan dari Simas sehat gold diantaranya:

  • Premi sangat terjangkau, mulai dari 77 ribu per bulannya.
  • Tanggungan sampai dengan usia 75 tahun.
  • Tanggungan biaya konsultasi dokter sesuai dengan tagihan rumah sakit, baik umum maupun spesialis.
  • Tanggungan biaya rawat jalan sesuai dengan tagihan rumah sakit.
  • Memberikan santunan harian rawat inap di rumah sakit.
  • Limit tahunan mencapai 400 juta rupiah.
  • Santunan meninggal dunia sebesar 10 juta rupiah.
  • Memberikan bonus gratis asuransi kecelakaan diri sampai dengan 10 juta rupiah.
  • Evakuasi darurat dapat dilakukan di seluruh dunia.
  • Memberikan manfaat asuransi kesehatan sekaligus dengan asuransi jiwa.
Jenis Manfaat News Pengertian dan Rekomendasi Asuransi Kesehatan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar