Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Windows 10 Vs Windows 11 Pilih mana? Berikut Penjelasannya

Microsoft telah meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 11, sejak Juni 2021. Seperti biasa, mereka menjalankan berbagai promosi untuk mendorong penggunaannya. Salah satunya adalah kesempatan untuk memberikan pengguna Windows 10 upgrade gratis ke Windows 11.

Tetapi apakah Anda perlu memanfaatkan kesempatan ini? Lebih penting lagi, sekarang Anda merasa nyaman dengan Windows 10. Tapi, bagi yang menginginkan pengalaman berbeda, tak ada salahnya mencoba Windows 11. Microsoft juga memberikan waktu 10 hari untuk downgrade jika ingin menggunakan Windows 10 lagi.

Sebelum Anda memutuskan untuk beralih dari Windows 10 ke Windows 11, tidak ada salahnya Anda mengetahui perbandingan kedua sistem operasi tersebut. Anda perlu memperhatikan tujuh poin, yaitu:

Windows 10 Vs Windows 11 Pilih mana?

Kompatibilitas

Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan spesifikasi minimum. Microsoft menetapkan persyaratan minimum untuk Windows 11 menjadi prosesor Intel Core generasi ke-8 atau AMD Ryzen 2000. Jadi, bagi Anda yang memiliki perangkat komputer dengan prosesor keluaran lama, kemungkinan besar Anda tidak akan menginstal Windows 11.

Selain itu, ada masalah kompatibilitas terkait fungsi keamanan. Microsoft telah mengembangkan standar spesifikasi dalam bentuk TPM 2.0. TPM adalah modul yang bertindak sebagai program perlindungan dan mencegah akses jika terjadi peretasan atau serangan malware.

Performa

Sebagai sistem operasi terbaru, Windows 11 memiliki teknologi yang lebih canggih dari Windows 10. Selain itu, Microsoft telah meningkatkan manajemen memori saat aplikasi dan program berjalan di latar belakang. Dalam satu pengujian, Microsoft mengatakan Excel dibuka dengan cepat bahkan dengan beban CPU 90 persen.

Selain itu, Windows 11 juga membutuhkan waktu lebih sedikit untuk me-restart komputer dari tidur. Microsoft mengklaim hingga 25% lebih cepat saat Anda membangunkan PC dari mode tidur.

Bug

Sebagai platform yang relatif baru, tidak heran Anda menemukan cukup banyak bug di Windows 11. Beberapa bug ini sangat dirasakan oleh pengguna AMD, konsumsi memori yang tinggi saat banyak penjelajah file dibuka, dan banyak lagi.

Start Menu dan Taksbar

Satu perbedaan yang sangat menonjol antara Windows 11 dan Windows 10 adalah tampilan bilah tugas dan menu Mulai. Microsoft menempatkan semuanya di tengah layar sehingga Windows 11 terlihat seperti MacOS dan ChromeOS. Meski begitu, Anda bisa memindahkannya ke sudut layar.

Multitasking dan dukungan monitor eksternal

Windows 11 dirancang oleh Microsoft untuk mendukung multitasking dan kinerja sistem. Di platform ini, Anda akan menemukan fitur bernama Snap Layouts. Gunakan untuk membantu Anda mengelompokkan jendela dan menyimpannya di bilah tugas. Di Windows 10, Anda dapat melakukannya secara manual.

Plus, Anda akan mendapat manfaat dari membiasakan diri menggunakan beberapa layar sekaligus. Windows 11 mengingat pengaturan yang Anda gunakan saat menggunakan layar eksternal.

Mode tablet

Anda akan merasa lebih nyaman saat menggunakan mode tablet di Windows 11. Saat Anda menyentuh layar, Anda akan melihat efeknya. Mode tablet ada di Windows 11 untuk memberikan pengalaman seperti Anda menggunakan iPad.

Microsoft Store

Terakhir, Microsoft menawarkan dukungan aplikasi yang lebih liberal untuk pengguna Windows 11, dan baik Windows 10 maupun Windows 11 memiliki Microsoft Store. Hanya saja ketersediaan aplikasi di Windows 11 Microsoft Store jauh melebihi Windows 10.

Anda memiliki kesempatan untuk menginstal aplikasi Android di Windows 11 melalui Amazon Appstore. Selain itu, kamu juga bisa menemukan game dari Epic Games Store di Microsoft Store.


Nah itulah tujuh faktor yang membedakan antara Windows 11 dan Windows 10. Sampai di sini, apakah Anda tertarik beralih ke Windows 11 atau masih setia dengan Windows 10?

tekno Windows 10 Vs Windows 11 Pilih mana? Berikut Penjelasannya
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar